tutorial dasar java bagian dua


Elemen Dasar Bahasa
Java
Anda tentunya telah mengerti
tentang konsep pemrograman
Java dari bagian pertama.
Sekarang Anda akan menyelami
lebih dalam pemrograman Java
dengan mengenal secara detil
dan spesifik mengenai bahasa
Java itu sendiri.
Dalam tutorial kali ini Anda akan
lebih jauh mempelajari apa-apa
yang dapat Anda lakukan
dengan statement dan hal-hal
dasar di bahasa Java dalam
mendefinisikan sebuah metode
seperti main atau yang lain.
Namun sementara kita tidak
akan membahas tentang
paradigma pemrograman
berorientasi objek seperti kelas
dan objek dan bagaimana
komunikasi antar objek dalam
sebuah program.
Statement dan Ekspresi
Statement adalah bagian terkecil
dalam sebuah program untuk
melaksanakan suatu tugas
tertentu, seperti memanggil
metode, mendeklarasikan
variabel, membandingkan dua
buah variabel, mengassign suatu
nilai ke dalam variabel, dll.
Berikut ini adalah beberapa
contoh statement.
import java.awt.Graphics;
int i = 0;
System.out.println(“Hallo ” + nama + “, Selamat Datang!”);
this.isRuning = false;
Statement-statement tadi hanya
bertugas melakukan suatu tugas
tanpa perlu mengembalikan
suatu nilai atau hasil. Statement-
statement yang mengembalikan
suatu nilai tersebut kita sebut
ekspresi. Berikut contoh
ekspresi:
int arraySize = theArray.size();
int result = x + y + z;
Dalam menulis statement Anda
tidak perlu menggunakan
bentuk penulisan tertentu. Anda
dapat saja menuliskan seluruh
statement dalam satu baris
walaupun hal ini sangat tidak
dianjurkan. Yang paling penting
untuk Anda ingat di sini adalah
bahwa whitespace (enter, spasi,
dan tab) tidak mempengaruhi
program Anda, dan bahwa
setiap statement harus selalu
diakhiri tanda titik koma (;).
Kelalaian membubuhkan titik
koma pada akhir statement
dapat menyebabkan program
Anda tidak dapat dikompile, atau
lebih parah menyebabkan bug
yang sulit ditemukan.
Sebagai sedikit teka-teki, Java
juga memiliki bentuk yang
disebut compound statement
atau blok. Namun hal itu belum
akan kita bahas dalam tutorial
kali ini.
Komentar
Komentar adalah salah satu
bagian penting dalam penulisan
source code program.
Betapapun Anda menganggap
sepele komentar dalam suatu
source code program,
percayalah suatu saat mungkin
komentar-komentar tersebut
dapat menyelamatkan Anda!
Komentar digunakan oleh
programer untuk menjelaskan
bagian-bagian dari source code
yang ditulisnya. Hal ini dapat
membantu si programer itu
sendiri maupun orang lain pada
saat membaca apalagi
mengembangkan atau
memperbaiki source code.
Dalam bahasa pemrograman
manapun selalu ada fitur
komentar. Java sendiri memiliki
sintaks yang sangat mirip
dengan C dan C++, dengan
tambahan yang sangat istimewa
yaitu komentar yang nantinya
digunakan untuk menciptakan
dokumentasi secara otomatis
oleh suatu aplikasi yang disebut
javadoc.
Dalam Java ada 3 sintaks
komentar:
1. komentar untuk satu baris saja,
yaitu yang dimulai dengan
tanda // sampai dengan akhir
baris;
2. komentar untuk beberapa baris,
yaitu yang dimulai dengan
tanda /* dan diakhiri dengan
tanda */ ;
3. komentar khusus untuk
membuat dokumentasi program,
yaitu yang dimulai dengan
tanda /** dan diakhiri dengan
tanda */ .
Berikut ini contoh ketiga sintaks
komentar:
/**
* Class for displaying message to standard output
*/
public class Diplayer
{
/**
* This method is the main method. It will display the message
* to the standard output
*/
public static void main (String[] args)
{
/* First we declare the mesg variable and assign a value
into it, then we print out the String into standard
output */
// variable declaration
String mesg = “Program ini berhasil!”;
// display the String variable
System.out.println(mesg);
}
}
Pada waktu program tersebut
dikompile, maka komentar akan
diabaikan oleh kompiler. Jadi
komentar tidak akan
mempengaruhi program Anda
dan hanya berfungsi sebagai
bantuan bagi programer. Tapi
ingat, kesalahan menuliskan
bentuk komentar dapat
menyebabkan program Anda
tidak dapat dikompile.
Variabel dan Tipe Data
Variabel dalam ilmu matematika
adalah sesuatu yang menyimpan
nilai yang dapat berubah-ubah.
Demikian juga dalam bahasa
pemrograman. Variabel dalam
bahasa pemrograman adalah
lokasi dalam memori di mana
sebuah nilai disimpan, dan nilai
tersebut dapat diubah. Setiap
variabel memiliki nama, tipe, dan
nilai.
Untuk menggunakan variabel,
pertama kita harus
mendeklarasikan variabel
tersebut. Informasi yang
dibutuhkan dalam
pendeklarasian variabel adalah
tipe variabel tersebut. Tipe
variabel sendiri akan kita bahas
sebentar lagi. Setelah
mendeklarasikan variabel, kita
dapat memberi nilai kepada
variabel tersebut, yang dalam
bahasa pemrograman
diistilahkan dengan assignment.
Jadi assignment adalah proses
pemberian nilai kepada sebuah
variabel.
Kita dapat mendefinisikan
variabel di bagian manapun dari
program sama seperti
statement. Namun dianjurkan
pendefinisian variabel
diletakkan pada awal
pendefinisian metode di mana
variabel tersebut digunakan.
Dalam beberapa hal, kita perlu
melakukan pendefinisian
variabel di tempat lain untuk
menyesuaikan ruang lingkup
berlakunya variabel tersebut.
Untuk memahami lebih jauh
pendefinisian variabel dan hal-
hal yang dapat Anda lakukan
dalam mendefinisikan variabel,
perhatikanlah kode berikut ini.
public static void main (String[] args)
{
int x; // deklarasi variable biasa
int y, z; // deklarasi dua variabel bertipe sama sekaligus
boolean isRunning = true;
// deklarasi sekaligus assignment nilai
int a = 3, b = 4; // deklarasi sekaligus assignment nilai
int c, d = 6; // deklarasi dan assignment variabel kedua
}
Kode tadi menunjukkan
berbagai cara mendefinisikan
variabel. Suatu saat mungkin
Anda akan merasakan manfaat
tertentu dalam menggunakan
cara-cara pendefinisian tersebut.
Namun disarankan Anda
menggunakan cara biasa saja
demi kerapian dan pencegahan
kesalahan-kesalahan akibat
kelalaian dalam penulisan
program.
Java memiliki tiga jenis variabel,
yaitu: variabel instans, variabel
kelas, dan variabel lokal.
Variabel instans adalah variabel
yang digunakan sebagai atribut
dari sebuah objek. Instans
adalah objek yang diciptakan
dari sebuah kelas. Anggaplah
kelas sebagai template untuk
membuat objek. Anda akan
memahami lebih jauh mengenai
hal ini dalam pembahasan
mengenai pemrograman
berorientasi objek.
Variabel kelas adalah variabel
yang digunakan sebagai atribut
dari sebuah kelas. Berbeda
dengan variabel instans, variabel
kelas akan bernilai sama bagi
semua instans dari kelas ybs.
Variabel kelas adalah variabel
yang didefinisikan dan
digunakan hanya dalam sebuah
metode.
Ketiga jenis variabel ini
didefinisikan dengan cara yang
sangat mirip tetapi variabel
kelas dan instans diakses dan
diassign dengan cara yang agak
berbeda dibandingkan variabel
lokal.Saat ini kita hanya akan
memusatkan perhatian pada
variabel lokal.
Sebagai tambahan, tidak seperti
bahasa pemrograman lain, Java
tidak memiliki variabel global,
yaitu variabel yang tersedia bagi
semua bagian program. Dalam
Java kita menggunakan variabel
kelas dan instans untuk
mengkomunikasikan informasi
global di antara objek-objek. Hal
ini disebabkan Java menganut
paradigma pemrograman
berorientasi objek murni,
sehingga segala hal dipandang
sebagai interaksi antarobjek
bukan antar bagian program.
Nama sebuah variabel harus
diawali huruf atau garis bawah
( _ ) atau tanda dolar ( $ ), dan
tidak boleh diawali angka.
Karakter berikutnya boleh
angka. Ingat kembali Java
bersifat case sensitive, jadi
perhatikan besar kecil huruf
yang Anda pakai dalam nama
variabel. Java juga
menggunakan set karakter
Unicode. Namun hal ini tidak
terlalu penting untuk Anda
ketahui. Disarankan agar
membuat nama variabel yang
mengandung makna, sehingga
memudahkan pembacaan
program Anda, misalnya
goButton ,
cancelButton ,
statusLabel , dll.
Jenis Variabel
Setiap variabel harus memiliki
sebuah tipe. Tipe tersebut bisa
berupa salah satu dari delapan
tipe primitif Java, nama kelas
atau interface, atau sebuah
array. Saat ini kita hanya akan
membahas tipe primitif dan tipe
kelas saja.
Tipe Primitif
Java memiliki delapan jenis tipe
primitif atau tipe-tipe dasar
yang builtin. Tipe tersebut
disebut primitif karena
dibangun ke dalam sistem dan
bukan benar-benar objek
sehingga pemakaiannya lebih
efisien. Tipe-tipe tersebut tidak
bergantung pada arsitektur
mesin, sehingga pemakaiannya
tidak mengganggu portabilitas
program Anda. Kedelapan tipe
primitif ini dijelaskan dalam
Tabel 1.
Penting untuk diperhatikan
bahwa tipe primitif dimulai
dengan huruf kecil, karena ada
kelas yang memiliki nama yang
sama dengan tipe primitif
tersebut yang disebut kelas
pembungkus.
Tipe Kelas
Tipe kelas digunakan untuk
menyimpan instans dari kelas
atau instans subkelas dari kelas
tersebut. Subkelas adalah kelas
yang mewarisi sifat-sifat kelas
tertentu.
Literal
Literal adalah sebuah istilah
dalam bahasa pemrograman
yang berarti sesuatu nilai yang
memiliki arti atau nilai sesuai
dengan apa yang kita ketikkan.
Misalnya kalau Anda memberi
nilai 4 pada suatu variabel
bertipe int , maka nilai variabel
tersebut adalah 4. Bilangan,
karakter, dan string kesemuanya
merupakan literal. Berikut
dijelaskan beberapa jenis literal
dalam Java.
Literal angka dapat berupa
bilangan positif. Angka negatif
ditulis dengan menambahkan
tanda minus (-) di awal angka
positif. Angka oktal dengan
menambahkan angka 0 di
awalnya. Angka heksadecimal
dengan menambahkan 0x di
awalnya. Literal angka floating
point (pecahan desimal)
biasanya memiliki dua bagian
yaitu bagian integer dan bagian
desimal. Untuk memaksa suatu
bilangan menjadi misalnya
float atau long , cukup
tambahkan huruf F atau L di
belakang bilangan tersebut.
Untuk eksponen gunakan huruf
E , seperti 3.0E-7 yang
berarti 3,0 kali 10 pangkat minus
7 (0,0000003). Literal boolean
terdiri atas true dan
false .
Literal karakter terdiri sebuah
karakter dalam kutip tunggal
seperti ‘a’,’#’ , atau
‘1’ . Literal karater juga
memiliki karakter khusus yang
mewakili karakter noncetak.
Tabel 2 menunjukkan karakter-
karakter khusus tersebut. Huruf
d pada oktal, hekadecimal, dan
escape Unicode mewakili
bilangan biasa atau bilangan
heksadecimal.
Literal string pada dasarnya
adalah kombinasi dari karakter
dalam tanda kutip ganda. Maka
itu karakter-karakter khusus
dalam Tabel 2 juga berlaku
dalam literal string. Sebagai kelas
tersendiri (bukan tipe primitif)
String mempunyai metode-
metode sehingga Anda dapat
melakukan penggabungan, tes,
dan pengubahan literal String
dengan mudah.
Ekspresi dan Operator
Ekspresi adalah statement yang
secara nyata menyelesaikan
tugas tertentu dan
mengembalikan nilai yang
dihasilkannya (statement biasa
biasanya tidak akan
mengembalikan nilai apapun).
Karena ekspresi dapat
mengembalikan suatu nilai, maka
Anda dapat mengassign nilai
tersebut ke sebuah variabel atau
mengoperasikannya dengan
statement tertentu.
Kebanyakan ekspresi dalam Java
menggunakan operator.
Operator adalah simbol khusus
untuk operasi tertentu, seperti
untuk operasi aritmatika,
assignment, increment,
decrement, dan berbagai operasi
logika. Operator-operator
tersebut membutuhkan satu
atau dua bahkan 3 buah operan.
Tabel 3 akan memuat berbagai
jenis operator yang perlu Anda
ketahui.
Dalam operator increment dan
decrement, letak operator adalah
penting. Operator yang terletak
di depan operan berarti nilai
operan dioperasikan terlebih
dahulu sebelum diambil.
Sebaliknya jika operator berada
di belakang operan, maka nilai
operan diambil dulu sebelum
dioperasikan.
Dalam mengevaluasi sebuah
ekspresi yang terdiri atas
beberapa operator, Java akan
mengerjakan operator-operator
tersebut berdasarkan prioritas
tertentu yang disebut
presedensi operator. Presedensi
operator ditunjukkan dalam
Tabel 4.
Untuk membuat sebuah ekspresi
dengan urutan pengerjaan
tertentu, Anda dapat
menggunakan tanda kurung
untuk mengelompokkan
ekspresi. Sesuai dengan
presedensi operator, maka Java
akan memproses terlebih dahulu
ekspresi yang berada dalam
tanda kurung.
Dalam tutorial kali ini Anda telah
mempelajari dasar-dasar
pemrograman Java, dan Anda
seharusnya sudah bisa memulai
bermain-main dengan membuat
program-program sederhana.
Untuk tutorial berikutnya kita
akan mempelajari paradigma
pemrograman berorientasi objek
dalam Java. Selamat mencoba!
Ari Hermawan mahasiswa
fakultas Ilmu Komputer UI. Di
Net dikenal dengan nick arih.
Menjelang kelulusan dengan
sibuk membuat artikel dan
mempromosikan Java di
Indonesia. Saat ini tengah giat
memperdalam Java dalam usaha
menjadi konsultan Java
terkemuka di Indonesia bersama
pokuz.net. Ari dapat dihubungi
di arih@pokuz.net.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Zoemalang's community

ujung malang adalah Sebuah desa yang hilang terganti dengan ujung harapan

YoYo Games Blog Feed

Ujung malang adalah Sebuah desa yang hilang terganti dengan ujung harapan

Dealer Termurah

Menjual Segala Jenis Motor Baru Di Indonesia Cash Maupun Kredit

%d blogger menyukai ini: