About DataBase


Database

Kata data dalam bahasa Inggris berasal dari kata datum, yang berasal dari bahasa Latin yang berarti fakta. Kata tersebut bersifat plural atau umum, sebagaimana kata air, udara dan semacamnya bagi manusia, data dapat merupakan segala sesuatu (stimulus) yang dapat ditangkap oleh indra manusia

Data merupakan deskripsi tentang benda, kejadian, aktifitas dan transaksi yang tidak mempunyai makna atau tidak berpengaruh secara langsung kepada pemakai. (Abdul Kadir, Dasar Perancangan dan Implementasi Database Relational, 2003)

Berdasarkan pengertian di atas, dapat disimpulkan bahwa data adalah bahan mentah yang diproses untuk dijadikan informasi, data yang telah atau belum diproses akan disimpan di dalam media penyimpanan yang berguna untuk menyajikan informasi dikemudian hari.

Data adalah nilai yang turut merepresentasikan deskripsi dari suatu objek atau kejadian, hasil dari data adalah informasi.

Database adalah kumpulan dari item data yang saling berhubungan satu dengan yang lainnya yang diorganisasikan berdasarkan sebuah skema atau struktur tertentu, tersimpan di hardware komputer dan dengan software untuk melakukan manipulasi untuk kegunaan tertentu.

Mengapa database sangat diperlukan dalam penggunaan komputer, berikut adalah beberapa alasan mengapa database sangat diperlukan :

a. Salah satu komponen penting dalam sistem informasi, karena merupakan dasar dalam menyediakan informasi.

b. Menentukan kualitas informasi : akurat, tepat waktu, relevan. Informasi dapat dikatakan bernilai bila manfaatnya lebih efektif dibandingkan dengan biaya mendapatkannya.

c. Mengurangi duplikasi data

d. Hubungan data dapat ditingkatkan

e. Mengurangi pemborosan tempat simpanan luar

Suatu database terdiri dari file, record, field data dan characters, berikut adalah jenjang data dari suatu database :

Pengertian dari jenjang data dari database tersebut untuk setiap itemnya adalah sebagai berikut :

1. Characters Merupakan bagian terkecil, dapat berupa karakter numeric, huruf ataupun karakter-karakter khusus (special characters) yang membentuk suatu item data/field.

2. Field Merepresentasikan suatu atribut dari record yang menunjukan suatu item data/field, seperti misalnya nama, alamat, dan lain sebagainya. Kumpulan dari field membentuk suatu record.

a. Field Name : harus diberi nama untuk membedakan field yang satu dengan yang lain.

b. Field Representation : tipe field (karakter, teks, tanggal, angka, dsb), lebar field (ruang maksimum yang dapat diisi dengan karakter-karakter data).

c. Field Value : isi dari field untuk masing-masing record.

3. Record kumpulan dari field membentuk suatu record.

Record menggambarkan suatu unit data individu yang tertentu. Kumpulan dari record membentuk suatu file. Misalnya file personalia, tiap-tiap record dapat mewakili data tiap-tiap karyawan.

4. File File terdiri dari record-record yang menggambarkan satu kesatuan data yang sejenis. Misalnya file mata pelajaran berisi data tentang semua mata pelajaran yang ada.

5. Database Kumpulan dari file/tabel yang membentuk suatu database.

Pengertian sistem database

Database terdiri dari dua suku kata jalur data dan base.

Data adalah fakta tentang suatu objek/suatu keterangan yang mengandung arti yang dapat dimengerti oleh manusia.

Base adalah suatu landasan atau dasar yang merupakan pendukung atau konsep dasar dari suatu sistem.

Maka dapat disimpulkan bahwa database adalah kumpulan data yang teratur yang paling berhubungan dan dapat digunakan bersama-sama melalui aplikasi secara tertentu sehingga menghasilkan informasi teratur yang disimpan dalam komputer.

Dalam database informasi disimpan dalam record dan file informasi. Pada pengolahan database tugas utama dilakukan untuk menambah informasi baru, mengurut, mencetak laporan, menyunting dan menghapus data.

Untuk memahami data terlebih dahulu harus diketahui pengertian-pengertian dasar yang berhubungan dengan database yaitu:

1. Entity adalah segala sesuatu yang membentuk enterprise atau unsur-unsur yang membentuk enterprise. Enterprise dapat berupa data pasien yang dapat memberikan informasi.

2. Atribute (data elemen) adalah semua informasi yang menerangkan suatu entity, antara lain, alamat, umur, jenis kelamin.

Contoh : Informasi Data Pasien

§ Nama Pasien

§ Alamat Pasien

§ Umur Pasien

§ Jenis Kelamin

3. Data Value adalah data pasien aktual yang diisikan pada suatu data elemen.

Contoh : Informasi Data Pasien

§ Nama : Yilizar

§ Alamat : Jl. Panglima No. 10

§ Umur : 22 Tahun

4. Data file adalah sekumpulan dari beberapa record yang sejenis/file yang berisi sekumpulan klasifikasi data secara keseluruhan.

Contoh : Data File Pasien

Data File Berobat

Konsep dasar database pengertian

KONSEP DASAR DATABASE

Sebelum memulai mendesain dan membangun database dengan menggunakan program aplikasi database Ms. Access, terlebih dahulu kita harus lebih mengenal lagi apa yang dimaksud dengan database.

Pengertian Database:

1. Database merupakan sekumpulan informasi yang saling berkaitan pada suatu subjek tertentu pada tujuan tertentu pula.

2. Database adalah susunan record data operasional lengkap dari suatu organisasi atau perusahaan, yang diorganisir dan disimpan secara terintegrasi dengan menggunakan metode tertentu dalam komputer sehingga mampu memenuhi informasi yang optimal yang dibutuhkan oleh para pengguna.

Banyak sekali kegiatan manusia yang menggunakan komputer sebagai sarana pengolahan data, sehingga diperlukan suatu perangkat lunak database.

Jika dikaji lebih mendasar tentang batasan suatu database, maka dapat disebutkan bahwa segala bentuk koleksi data adalah suatu database. Mulai dari kelompok data pegawai, sampai dengan kelompok file, merupakan database.

Definisi dasar struktur database :

Data : sekumpulan fakta mengenai objek tertentu, orang dan lain-lain yang dinyatakan dengan angka, huruf, gambar, film, suara dan sebagainya yang relevan dan belum mempunyai arti.

Informasi : hasil pengolahan data yang konkrit dan sudah mempunyai arti untuk mencapai suatu tujuan tertentu.

Tabel : merupakan hal yang paling mendasar dalam hal penyimpanan data yang terdiri dari field dan record.

Field (kolom) : merupakan elemen dari tabel yang berisikan informasi tertentu yang spesifik tentang subjudul tabel pada sebuah item data.

Syarat-syarat pembentukan Field Name pada tabel :

a. Harus Unik atau Spesifik

b. Boleh disingkat

c. Pemisah sebagai pengganti spasi dalam pembentuk field adalah tanda lambang.

Contoh : Kode Barang menjadi KdBarang, KodeBrg, Kd_Brg, Kd_Barang, Kode_Brg Tanggal Lahir menjadi TglLahir, Tgl_Lahir, Tgl_Lhr

Record (baris) : merupakan sekumpulan data yang saling berkaitan tentang sebuah subjek tertentu, misalnya data seorang siswa akan disimpan dalam record yang terdiri dari beberapa kolom/field.

Langkah langkah perancangan database

Menurut Jogiyanto, basis data adalah kumpulan dari data yang sedang berhubungan satu dengan yang lainnya, tersimpan diperangkat keras komputer dan digunakan perangkat lunak memanipulasinya. Jadi secara konsep basis data atau database adalah kumpulan dari data-data yang membentuk suatu berkas (file) yang saling berhubungan (relation) dengan tata cara yang tertentu untuk membentuk data baru atau informasi.

Beberapa model data base :

Model Hierarkis

Sering dikenal dengan binary tree (pohon biner) atau binary relationship. merupakan jenis struktur tree yang terbaik dimana data akar (root) mempunyai beberapa cabang. Pada setiap cabang satu objek atau lebih dapat dihubungkan dengan objek yang lebih tinggi dan satu objek dapat dihubungkan dengan objek yang lebih rendah.

b. Model Jaringan

Model jaringan ini mirip dengan hierarki modelnya, yang data dan hubungan antara data direpresentasikan dengan record dan link. Perbedaan terletak pada susunana record dan linknya yaitu network model menyusun record – record dalam bentuk graph .

Model Relasional

Model relasional adalah model yang paling banyak digunakan dari ketiga struktur database ini. Di dalam model relasional, semua elemen data dalam database dipandang, disimpan dalam bentuk table-tabel sederhana.

langkah2 perancangan database.

Dalam perancangan database perlu diperhatikan langkah-langkah sebagai berikut :

a. Menentukan kebutuhan input dari sistem yang baru Input yang akan dirancang ditentukan dari Data Flow Diagram (DFD) sistem baru yang telah dibuat.

b. Menentukan parameter dari input Setelah input – input dari data telah dapat dirancang maka parameter dari input selanjutnya dapat ditentukan.

Parameter ini meliputi :

1. Bentuk dari input dan dokumen dasar

2. Sumber input

3. Volume input

4. Periode input

Pengertian database server

Dalam model master-slave, database server master adalah lokasi pusat dan utama data sementara database server budak disinkronisasi backup dari master bertindak sebagai proxy.

Beberapa contoh dari server basis data Oracle, DB2, Informix, Ingres, SQL Server. Setiap server menggunakan query sendiri logika dan struktur. Bahasa query SQL kurang lebih sama di semua server database.

secara umum Database server adalah sebuah program komputer yang menyediakan layanan database untuk program komputer lain atau komputer, seperti yang didefinisikan oleh model client-server. Istilah ini juga dapat merujuk ke komputer yang didedikasikan untuk menjalankan program seperti itu.

Sistem manajemen database yang sering menyediakan fungsionalitas database server, dan beberapa DBMSs (misalnya, MySQL) bergantung secara eksklusif pada model client-server untuk mengakses database. Server tersebut diakses baik melalui suatu “front end” yang berjalan di komputer pengguna yang menampilkan data yang diminta atau “back end” yang berjalan pada server dan menangani tugas-tugas seperti analisis data dan penyimpanan.

Skema koneksi database java

Koneksi database Java sering disebut sebagai JDBC, adalah sebuah application programming interface (API) untuk bahasa pemrograman Java yang mendefinisikan bagaimana klien dapat mengakses database.

Ini menyediakan metode untuk query dan meng-update data dalam database. JDBC berorientasi pada database relasional. Sebuah jembatan JDBC-ke-ODBC memungkinkan sambungan ke sumber data ODBC dapat diakses dalam lingkungan host JVM.

Integrasi php dengan database

PHP yang digabungkan dengan database akan lebih berkekuatan jika digabungkan dengan database yang reliabel, gratis dan mudah diinstalasi.

Terdapat 2 jenis database yang memenuhi yaitu MySQL dan PostgreSQL.

Kedua jenis database ini dipergunakan karena kinerja yang bagus dan, untuk mengaksesnya, PHP mempunyai fungsi khusus. Berikut ini daftar database yang didukung oleh PHP sampai versi 5 :

Relational database management system.

MySQL adalah Relational Database Management System (RDBMS) yang didistribusikan secara gratis dibawah lisensi GPL (General Public License). Dimana setiap orang bebas untuk menggunakan MySQL, namun tidak boleh dijadikan produk turunan yang bersifat komersial.

MySQL sebenarnya merupakan turunan salah satu konsep utama dalam database sejak lama, yaitu SQL (Structured Query Language).

SQL adalah sebuah konsep pengoperasian database, terutama untuk pemilihan atau seleksi dan pemasukan data, yang memungkinkan pengoperasian data dikerjakan dengan mudah secara otomatis.

Keandalan suatu iasm database (DBMS) dapat diketahui dari cara kerja optimizer-nya dalam melakukan proses perintah-perintah SQL, yang dibuat oleh user maupun program-program aplikasinya.

Sebagai database server, MySQL dapat dikatakan lebih unggul dibandingkan database server lainnya dalam query data. Hal ini terbukti untuk query yang dilakukan oleh single user, kecepatan query MySQL ias sepuluh kali lebih cepat dari PostgreSQL dan lima kali lebih cepat dibandingkan Interbase.

Keistimewaan MySQL MySQL memiliki beberapa keistimewaan, antara lain :

Portabilitas. MySQL dapat berjalan stabil pada berbagai sistem operasi seperti Windows, Linux, FreeBSD, Mac Os X Server, Solaris, Amiga, dan masih banyak lagi.
Open Source.MySQL didistribusikan secara open source, dibawah lisensi GPL sehingga dapat digunakan secara cuma-cuma.
‘Multiuser’. MySQL dapat digunakan oleh beberapa user dalam waktu yang bersamaan tanpa mengalami masalah atau konflik.
‘Performance tuning’. MySQL memiliki kecepatan yang menakjubkan dalam menangani query sederhana, dengan kata lain dapat memproses lebih banyak SQL per satuan waktu.
Jenis Kolom. MySQL memiliki tipe kolom yang sangat kompleks, seperti signed / unsigned integer, float, double, char, text, date, timestamp, dan lain-lain.
Perintah dan Fungsi. MySQL memiliki operator dan fungsi secara penuh yang mendukung perintah Select dan Where dalam perintah (query).
Keamanan. MySQL memiliki beberapa lapisan sekuritas seperti level subnetmask, nama host, dan izin akses user dengan sistem perizinan yang mendetail serta sandi terenkripsi.
Skalabilitas dan Pembatasan. MySQL mampu menangani basis data dalam skala besar, dengan jumlah rekaman (records) lebih dari 50 juta dan 60 ribu tabel serta 5 milyar baris. Selain itu batas indeks yang dapat ditampung mencapai 32 indeks pada tiap tabelnya.
Konektivitas. MySQL dapat melakukan koneksi dengan klien menggunakan protokol TCP/IP, Unix soket (UNIX), atau Named Pipes (NT).
Lokalisasi. MySQL dapat mendeteksi pesan kesalahan pada klien dengan menggunakan lebih dari dua puluh bahasa. Meski pun demikian, bahasa Indonesia belum termasuk di dalamnya.
Antar Muka. MySQL memiliki interface (antar muka) terhadap berbagai aplikasi dan bahasa pemrograman dengan menggunakan fungsi API (Application Programming Interface).
Klien dan Peralatan. MySQL dilengkapi dengan berbagai peralatan (tool)yang dapat digunakan untuk administrasi basis data, dan pada setiap peralatan yang ada disertakan petunjuk online.
Struktur tabel. MySQL memiliki struktur tabel yang lebih fleksibel dalam menangani ALTER TABLE, dibandingkan basis data lainnya semacam PostgreSQL ataupun Oracle

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Zoemalang's community

ujung malang adalah Sebuah desa yang hilang terganti dengan ujung harapan

YoYo Games Blog Feed

Ujung malang adalah Sebuah desa yang hilang terganti dengan ujung harapan

Dealer Termurah

Menjual Segala Jenis Motor Baru Di Indonesia Cash Maupun Kredit

%d blogger menyukai ini: