VB 6 Mengatasi Error dengan Error Handler


VB 6 Mengatasi Error dengan Error Handler – “Ah error programnya, jelek lah”
“Gembel banget si error mulu”
“Ga mau pake lagi lah orang error mulu”

ya mungkin itu adalah celoteh user saat melihat program yg ia gunakan mengalami error.

sebagai programmer nya tentu kesal bukan ? hasil kerja keras cuman bakal jadi bahan celotehan usernya sendiri ?
eits tapi…. jadikan kesalahan kita dalam meng coding aplikasi yang kita buat sebagai bahan pelajaran untuk memperbaiki aplikasi nya agar bisa lebih baik kedepannya,

program tanpa error handler bagaikan taman tak berbunga ~ *eh
yap error handler itu sangat, SANGAAAAAT penting sekali keberadaannya di program kita,

Misal lagi asik2 buka program, tiba2 nge crash trus nge close sendiri pastilah keliatan “ga bagus” ‘banget kan ? itu bisa kita siasati dengan error handler yang tugas nya menghandle error yang terjadi saat peng eksekusian code berlangsung.

Misal kegagalan membaca sebuah file dapat di handle dengan sebuah kotak pesan yang berisi “Failed when open file” keliatan lebih baik kan daripada crash lalu close sendiri ?

ni dia beberapa error handler yang tersedia di Visual basic :

1. On Error GoTo

Fungsi dari code di atas adalah melompati code yang mengalami kegagalan dalam eksekusi atau untuk mencegah program menutup sendiri saat error terjadi

Contoh :

Private Sub Command1_Click()
Dim mydisha as integer
mydisha = 50000

MsgBox mydisha
End Sub

coba agan jalankan code di atas, maka akan terjadi error.
kenapa bisa gitu ? yap soalnya tipe data Integer tidak mampu menampung bilangan yang > 32.767

terlihat di sana mydisha = 50000 itu sudah melewati batas kemampuan dari tipe data integer akibatnya saat kita ingin menampilkannya di sebuah kotak pesan akan terjadi error

gimana mensiasatinya ?

gini caranya…

Private Sub Command1_Click()
On Error GoTo hackernewbie

Dim mydisha As Integer
mydisha = 50000

MsgBox mydisha
Exit Sub

hackernewbie:
MsgBox Err.Description

End Sub

lihat ? ada penambahan beberapa baris kode, ya itu adalah handler nya

Penjelasan :

On Error GoTo hackernewbie : kalau bahasa manusianya “Saat terjadi error lompat ke bagian hackernewbie”

nah di bagian hackernewbie ada sebuah fungsi yang akan menampilkan kotak pesan yang berisi deksripsi error yang terjadi

Msgbox Err.Description

dengan adanya kotak pesan itu, saat terjadi error program tidak akan menutup sendiri melainkan menampilkan pesan error dan tidak akan menutup sendiri programnya.

contoh error handler lain ( gunakan di awal baris fungsi )

2. On Error Resume Next

*bila terjadi error abaikan error nya dan tetap lanjut eksekusi code nya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Zoemalang's community

ujung malang adalah Sebuah desa yang hilang terganti dengan ujung harapan

YoYo Games Blog Feed

Ujung malang adalah Sebuah desa yang hilang terganti dengan ujung harapan

Dealer Termurah

Menjual Segala Jenis Motor Baru Di Indonesia Cash Maupun Kredit

%d blogger menyukai ini: