5 Modifikasi motor yang membahayakan nyawa


Choirul anwar anak desa ujung harapan kel. bahagia kec.babelan kab. Bekasi
Modifikasi jadi salah satu cara membuat motor kesayangan menjadi tampil beda. Namun terkadang beberapa biker justru kebablasan melakukan modifikasi di motor sehingga membahayakan dirinya dan pengguna jalan lainnya.

Salah satu modifikasi yang membahayakan keselamatan pengguna jalan adalah dengan mengganti mika lampu belakang dengan warna bening. Berikut beberapa modifikasi yang tak patut ditiru karena membahayakan keselamatan.

1.
Menggunakan mika lampu rem bening

Mengganti mika stoplamp dari merah menjadi transparan bagi beberapa orang menjadi pilihan modifikasi di motor kesayangan.

Padahal penggunaan mika lampu belakang yang berwarna bening memang sangat mengganggu pengguna jalan lain. Normalnya lampu belakang motor memiliki daya sebesar 25-35 watt yang hampir seterang lampu depan. Selain silau, terkadang pengguna juga dibuat bingung apakah ini motor searah atau berlawanan arah.

Risiko kecelakaan pun bertambah jika pedal rem ditekan, binar lampu rem dengan mika bening bisa sangat menyilaukan pengguna di belakang. Hal ini justru membuat pengendara lain yang berada di belakang bisa kehilangan fokus atau jarak pandang mereka.

2.
Menggunakan spion berdimensi kecil

Modifikasi murah meraih yang tak perlu biaya banyak namun cukup berpengaruh ke penampilan adalah mengganti spion standar.

Kebanyakan para biker mengganti kaca spionnya dengan ukuran yang lebih kecil. Hal ini tak terlepas dari anggapan bahwa kaca spion bawaan pabrikan terkesan mengganggu karena bentuknya yang besar dan dengan gagang panjang.

Padahal fungsi utama dari kaca spion tentu untuk melihat objek yang ada di belakang motor. Jika kaca spion hanya berukuran kecil, maka pandangan ke belakang pun jadi terbatas. Hal ini membuat pengguna sering menengok ke belakang kala ingin belok atau menyalip yang justru memecah konsentrasi terpecah.

3.
Menggunakan ban kecil atau ban cacing

Meski sudah dilarang oleh pihak Kepolisian dengan ancaman tilang, namun tren menggunakan ban kecil atau ban cacing masih marak di tanah air.

Demi mengejar kesan gaul, ban standar motor yang sudah didesain oleh pabrikan agar memberikan kestabilan dan kenyamanan dalam berkendara malah diganti dengan ban yang ukurannya lebih kecil.

Secara logika, menggunakan ban kecil memang akan mendongkrak akselerasi motor. Namun ada banyak juga aspek yang dikorbankan seperti kestabilan dan turunnya daya cengkeram ke aspal.

Penggunaan ban kecil ini juga membebani kinerja bearing. Sekali menghantam lubang, daya yang diterima bearing akan lebih besar dan membuat bearing lebih cepat oblak.

4.
Memasang sirine/lampu strobo

Modifikasi selanjutnya yang membahayakan keselamatan adalah dengan menambah aksesoris beruap sirine atau lampu strobo.

Jenis lampu ini biasanya banyak digunakan oleh komunitas-komunitas penggemar riding jarak jauh alias touring.

Padahal sirine atau strobo hanya boleh digunakan di kendaraan tertentu seperti ambulans, kendaraan pemadam kebakaran, dan armada kepolisian. Sirine pun hanya dinyalakan ketika ada keadaan yang mendesak, bukan sembarang waktu.

Perlu diingat, melakukan touring bukan berarti hak biker akan lebih tinggi dari pengguna jalan lain sehingga harus didahulukan.

5.
Meninggikan shockbreaker dengan pengganjal

Agar menambah kesan gagah di motor, beberapa biker memilih untuk meninggikan shockbreaker belakang. Meninggikan shockbreaker ini juga berefek pada tampilan motor yang jadi lebih nungging dibanding standar dan terlihat makin sporty.

Akan tetapi, terkadang jalur yang murah dipilih dengan membeli anting shockbreaker atau peninggi shockbreaker aftermarket yang terbuat dari bahan yang belum terbukti daya tahannya.

Padahal menggunakan anting shockbreaker ini bisa mengurangi fungsi penyerapan guncangan di motor karena bagian bawah shockbreaker berubah statis. Ancaman shockbreaker patah pun bakal membayangi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Zoemalang's community

ujung malang adalah Sebuah desa yang hilang terganti dengan ujung harapan

YoYo Games Blog Feed

Ujung malang adalah Sebuah desa yang hilang terganti dengan ujung harapan

Dealer Termurah

Menjual Segala Jenis Motor Baru Di Indonesia Cash Maupun Kredit

%d blogger menyukai ini: