7 Tindakan baik remeh yang mendatangkan ‘karma’


Mahatma Gandhi pernah mengatakan ‘Be the change you want to see in the world’. Artinya adalah jika kita menginginkan dunia menjadi lebih baik, diri kita sendiri dulu yang memulai.

Pada dasarnya, kebaikan itu menular. Kita tidak akan pernah tahu bagaimana tindakan baik kita dapat menimbulkan perbedaan berarti pada kehidupan seseorang.

Seperti yang dikutip brilio.net dari femalenetwork.com, Jumat (3/4), ada 7 tindakan yang bisa kamu lakukan. Tindakan ini bakal memberikan ‘karma’ yang baik buatmu. Apa saja itu? Yuk, kita cek!

1. Mengucapkan ‘selamat pagi’ kepada setiap orang
Nggak pernah ada salahnya mengucapkan salam untuk orang-orang yang kamu temui, bahkan hanya sopir angkot yang mengantarmu dari rumah ke kampus atau kantor. Kalau merasa masih janggal, coba deh tebar senyumanmu pada mereka. Selain senyum itu sedekah, senyum juga bisa bikin kamu hepi. Bagaimana nggak hepi kalau ternyata yang kamu kasih senyuman itu gebetan dan dia bales senyummu. Meleleh abis, dong. Lagi pula, kita nggak akan pernah tahu kapan kita bakal butuh bantuan. Eh, ternyata orang-orang yang pernah kita sapa dengan ramah itu bisa bantuin kita.

2. Menawari tebengan teman untuk pulang ke rumah
Berbuat baik nggak perlu menunggu orang lain terkena musibah, lho. Kamu bisa memulai dari hal sepele nmenawari teman buat pulang bareng. Hal ini menunjukkan kamu perhatian sama teman dan asyik dijadikan teman yang siap menolong kapan saja.

3. Menawari menraktir teman buat nonton bioskop
… atau malah makan? Duh, kalau ini teman-temanmu jarang yang nolak, deh. Tapi apa pun yang kamu lakukan untuk berbuat baik pada teman, membuka peluang kamu untuk lebih dekat dengan mereka. Dengan begitu, chemistry di antara kalian bisa terbangun perlahan. Kamu jadi nggak kesepian lagi, deh.

4. Menulis catatan terima kasih untuk keluarga
Keluarga adalah pihak terdekat yang siap melakukan apa pun untuk kita. Lalu, kenapa nggak kita coba berterima kasih sama mereka? Nggak perlu menunggu gajian lalu menraktir mereka makan di restoran mahal, tulis aja ucapan terima kasih dan rasa cintamu sama mereka lewat Whatsapp atau Line (ini berlaku buat kamu yang nggak bisa menahan haru dan kelu kalau harus mengucapkan langsung). Yakin deh, mereka akan merasa diperhatikan dan dihargai. Tindakan dalam mengutarakan cinta itu memang patut, tapi kata-kata kasih sayang itu pemertegas rasa cintamu ke mereka.

5. Tersenyum dan berbuat baik sama pelayan
Kamu suka ngomel-ngomel sama pelayan restoran karena lelet dan bla bla bla? Please, atur lagi emosi kamu. Daripada kamu marah-marah, kalau nggak suka bisa langsung cabut dari restoran itu. Tapi kalau kamu masih betah, cobalah untuk bermurah hati sama pelayannya.

Cobalah pasang tampang senyum atau minimal datar aja. Jangan pasang tampang Angry Bird yang bikin bete. Pelayan juga manusia, punya rasa capai dan sakit hati kayak kamu. Mereka sudah bekerja seharian, wira-wiri ke sana kemari. Belum tentu juga kan, kamu bisa melakukannya. Dengan kamu bersikap santun dan bisa menyampaikan komplain dengan baik (bukan sambil nunjukin urat leher mau putus), menunjukkan kamu menghargai pelayan itu.

6. Membukakan pintu untuk seseorang
Sekali lagi, ya, berbuat baik itu nggak perlu muluk-muluk. Membukakan pintu untuk dosen yang kerepotan membawa setumpuk dokumen dan tas, juga kebaikan, lho. Siapa tahu kalau kebetulan dosen itu nanti dosen penguji skripsimu, kamu bisa lolos sekali ujian sidang skripsi dan bisa dapat nilai A karena attitude kamu yang te-o-pe be-ge-te alias top banget.

7. Memberi info lowongan pekerjaan ke teman
Kalau kamu sudah dapat pekerjaan sedangkan teman kamu belum, boleh banget lho, kalau ada info lowongan kerja kamu bagi ke dia. Mungkin kamu juga bisa berbagi tips saat tes dan wawancara. Hal ini akan membantu temanmu sekali.

Nah, guys, berbuat kebaikan itu bisa kita mulai dari diri sendiri dan hal sepele. Sedikit demi sedikit kebaikan yang kita lakukan, bisa jadi berimbas pada kebaikan orang lain juga. Jangan berhenti berbuat baik sebab dunia ini butuh orang-orang baik seperti kamu untuk selalu bahagia dan damai. Yakin aja sama sistem kerja bumerang, apa yang kamu lempar baik, maka akan kembali padamu hal yang baik pula. Semangat!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Zoemalang's community

ujung malang adalah Sebuah desa yang hilang terganti dengan ujung harapan

YoYo Games Blog Feed

Ujung malang adalah Sebuah desa yang hilang terganti dengan ujung harapan

Dealer Termurah

Menjual Segala Jenis Motor Baru Di Indonesia Cash Maupun Kredit

%d blogger menyukai ini: