TEKNOLOGI HARDDISK


    1. Mengenal Teknologi Hard Disk Drive (HDD)

Choirul anwar anak desa ujung harapan (ujung malang) kel. bahagia kec.babelan kab. Bekasi

Definisi Harddisk

Hardisk merupakan piranti penyimpanan sekunder dimana data disimpan sebagai pulsa magnetik pada piringan metal yang berputar yang terintegrasi. Data disimpan dalam lingkaran konsentris yang disebut track. Tiap track dibagi dalam beberapa segment yang dikenal sebagai sector. Untuk melakukan operasi baca tulis data dari dan ke piringan, harddisk menggunakan head untuk melakukannya, yang berada disetiap piringan. Head inilah yang selanjut bergerak mencari sector-sector tertentu untuk dilakukan operasi terhadapnya. Waktu yang diperlukan untuk mencari sector disebut seek time. Setelah menemukan sector yang diinginkan, maka head akan berputar untuk mencari track. Waktu yang diperlukan untuk mencari track ini dinamakan latency.

Mekanisme Kerja Hard Disk

Proses baca tulis dilakukan oleh lengan hd dengan media Fisik magnetikHead hardisk melakukan konversi bits ke pulse magnetik dan menyimpannya ke dalam platters, dan mengembalikan data jika proses pembacaan dilakukan Hard disk memiliki “Hard platter” yang berfungsi untuk menyimpan medan magnet.

Pada dasarnya cara kerja hard disk adalah dengan menggunakan teknik perekaman medan magnet. Cara kerja teknik magnet tersebut memanfaatkan Iron oxide (FeO) atau karat dari besi, Ferric oxide (Fe2O3) atau oxida lain dari besi. 2 oxida tersebut adalah zat yang bersifat ferromagnetic , yaitu jika didekatkan ke medan magnet maka akan ditarik secara permanen oleh zat tersebut.

Harddisk merupakan media penyimpan yang didesain untuk dapat digunakan menyimpan data dalam kapasitas yang besar. Hal ini dilatar belakangi adanya program aplikasi yang tidak memungkinkan berada dalam 1 disket dan juga membutuhkan media penyimpan berkas yang besar misalnya database suatu instansi.  Tidak hanya itu, harddisk diharapkan juga diimbangi dari kecepatan aksesnya. Kecepatan harddisk bila dibandingkan dengan disket biasa, sangat jauh.

Hal ini dikarenakan harddisk mempunyai mekanisme yang berbeda dan teknologi bahan yang tentu saja lebih baik dari pada disket biasa.  Bila tanpa harddisk, dapat dibayangkan

betapa banyak yang harus disediakan untuk menyimpan data kepegawaian suatu instansi atau menyimpan program aplikasi. Hal ini tentu saja tidak efisien. Ditambah lagi waktu pembacaannya yang sangat lambat bila menggunakan media penyimpanan disket konvensional tersebut.

Kecepatan Putar Disk

Kecepatan putar pada jaman awal sekitar 3600RPM. Dengan semakin berkembangnya teknologi, kecepatan putar ditingkatkan menjadi 4500RPM dan 5400RPM. Karena kebutuhan media penyimpan yang mempunyai kemampuan tinggi dibuatlah dengan kecepatan 7200RPM yang digunakan pada harddisk SCSI.

Berikut tabel kecepatan harddisk yang diaplikasikan pada berbagai jenis interface yang berberda:

Kapasitas

Kapasitas harddisk pada saat ini sudah mencapai orde ratusan GB. Hal ini dikarenakan teknologi bahan yang semakin baik, kerapatan data yang semakin tinggi. Teknologi dari Western Digital saat ini telah mampu membuat harddisk 200GB dengan kecepatan 7200RPM. Sedangkan Maxtor dengan Maxtor MaxLine II-nya yaitu harddisk berukuran 300GB dengan kecepatan 5400RPM. Beriringan dengan transisi ke ukuran harddisk yang lebih kecil dan kapasitas yang semakin besar terjadi penurunan dramatik dalam harga per megabyte penyimpanan, membuat hardisk kapasitas besar tercapai harganya oleh para pemakai komputer biasa.

Pemasangan Harddisk

Kabel IDE terdapat strip warna merah Power supply ditancapkan bersebelahan atau sejajar dengan warna merah pada kabel IDEJika salah komputer tidak akan bootingLakukan deteksi HD lewat BIOS.

Proses Baca Hardisk 

Saat sebuah sistem operasi mengirimkan data kepada hard drive untuk direkam, drive tersebut memproses data tersebut menggunakan sebuah formula matematikal yang kompleks yang menambahkan sebuah bit ekstra pada data tersebut.Bit tersebut tidak memakan tempat: Di kemudian hari, saat data diambil, bit ekstra tersebut memungkinkan drive untuk mendeteksi dan mengkoreksi kesalahan acak yang disebabkan oleh variasi dari medan magnet di dalam drive tersebut.

Kemudian, drive tersebut menggerakkan head melalui track yang sesuai dari platter tersebut. Waktu untuk menggerakkan head tersebut dinamakan “seek time”. Saat berada di atas track yang benar, drive menunggu sampai platter berputar hingga sector yang diinginkan berada di bawah head. Jumlah waktu tersebut dinamakan “drive latency”.

Semakin pendek waktu `seek` dan `latency`, semakin cepat drive tersebut menyelesaikan pekerjaannya. Saat komponen elektronik drive menentukan bahwa sebuah head berada di atas sector yang tepat untuk menulis data, drive mengirimkan pulsa elektrik pada head tersebut. Pulsa tersebut menghasilkan sebuah medan magnetik yang mengubah permukaan magnetik pada platter. Variasi yang terekam tersebut sekarang mewakili sebuah data. Membaca data memerlukan beberapa proses perekaman.

Drive memposisikan bagian pembaca dari head di atas track yang sesuai, dan kemudian menunggu sector yang tepat untuk berputar di atasnya. Saat spektrum magnetik tertentu yang mewakili data Anda pada sector dan track yang tepat berada tepat di atas head pembaca, komponen elektronik drive mendeteksi perubahan kecil pada medan magnetik dan mengubahnya menjadi bit. Saat drive tersebut selesai mengecek error pada bit dan membetulkannya jika perlu, ia kemudian mengirimkan data tersebut pada sistem operasi.

Kecepatan hard disk dinilai dengan Rpm (Rotation per minute/ Putaran per minute) semakin tinggi nilai rpm semakin cepat hard disk bekerja. Kapasitas hard disk dinilai dengan Bit, untuk ukuran hard disk saat ini sudah sampai ukuran Tera Bit (TB) yaitu Milyaran Bit. Berikut nilai satuan untuk bit (Kalo salah mohon koreksinya)

  • 1 TB = 1024 GB
  • 1 GB = 1024 MB
  • 1 MB = 1024 KB
  • 1 KB = 1024 byte

2. Sejarah Harddisk

Hard Disk Drive atau yang sering kita sebut sebagai ‘ hard disk saja ‘ merupakan salah satu komponen terpenting dalam komputer. HDD mempunyai nama lain yang secara umum disebut recording media yang berfungsi untuk menyimpan data. Banyak dari kita yang menggunakan harddisk, tetapi mungkin sedikit sekali orang yang mengetahui asal usul dari harddisk. Hard Disk Drive pertama kali dibuat dan diproduksi oleh perusahaan IBM pada tahun 1956 yang kemudian disebut sebagai HDD Generasi pertama. HDD pertama ini ditemukan dan diciptakan oleh Reynold Johnson. HDD ini berlabel RAMAC 305 yang mempunyai kapasitas 5 Mega Bits atau 5.000.000 bits dan berukuran 24 inch dan menggunakkan single head dalam pengaksessaanya.
Pada tahun 1961 IBM menciptakan HDD dengan menggunakkan head yang terpisah dalam setiap komponen datanya. Yang disebut juga Disk Storage Unit Control System Meganical International System. Dan HDD pertama yang dapat removable ( dapat dicopot atau dipasang lagi ) adalah IBM 1311, yang menggunakan IBM 1316 untuk menyimpan 2 juta karakter.
Di tahun 1973, IBM mengenalkan IBM 3340, yang merupakkan HDD pertama yang menggunakan sistem disk “ Whincester “, yang pertama menggunakan sealed head/disk assembly ( HDA ). Teknologi ini didesign oleh Kenneth Haughton.
Sebelum tahun 1980-an, kebanyakkan HDD berurukuran 8 INCH atau 14 INCH, sehingga membutuhkan banyak tempat untuk menyimpan HDD tersebut. Sampai pada tahun 1980, ketika Seagate teknologi mengenalakan ST-506 yang merupakan HDD pertama yang berukuran 5,25 inch dengan kapasitas 5 megabites.
Dan sekarang ini bahkan, HDD sudah mencapai capasita Terrabites dalam ukuran 3,5 inch, untuk itu dibawah ini saya menyediakan timeline yang saya dapat dari suatu web tentang perkembangan HDD sampai saat ini.
=================================================================================

  1. Hard disk pertama yang lahir ke dunia ini adalah Hard disk yang ditawarkan oleh IBM pada tahun 1956, memiliki berat 500Kg dan hanya menawarkan kapasitas sebesar 5MB. Media penyimpanan seperti ini membutuhkan sebuah kompressor udara bertekanan dan masih jauh untuk penggunaan dirumah. Hard disk ini biasanya di sewakan kepada perusahaan”, untuk jangka waktu tertentu. dengan biaya penyewaan $5000 US dollar/bulan.

Choirul anwar anak desa ujung harapan (ujung malang) kel. bahagia kec.babelan kab. Bekasi
Spec : IBM 350 (5MB, 24 Inchi, access time 600ms, 1200rpm, 500KG, 10W)

  1. Open Hard Disk atau juga yang dikenal dengan nama IBM 1311 diperkenalkan pada tanggal 11 oktober 1962, Harddisk ini dapat menyimpan 2 juta karakter pada disk pack yang diganti. Ketebalan HD mencapai 4 Inchi, berat 4,5Kg, dan memiliki 6 disk yang berukuran 14 inchi dan 10 permukaan yang dapat ditulis.

Choirul anwar anak desa ujung harapan (ujung malang) kel. bahagia kec.babelan kab. Bekasi

  1. Winchester ’73, IBM memulai program Winchester dengan piringan berputaryang terpasang permanen, Mekanisme loading menjadi masalahnya, demikian juga kedekatan nama HD tersebut dengan nama sebuah senjata (Winchester), sehingga sempat diperdebatkan.
  2. Winchester 8 inci, pada tahun 1979, diperkenalkan Harddisk Winchester pertama untuk industri, harddisk ini masih sangat berat dan mahal, sekitar 1000 euro/Mb.
  3. Choirul anwar anak desa ujung harapan (ujung malang) kel. bahagia kec.babelan kab. Bekasi

  1. Pada tahun 1980 Seagate meluncurkan Harddisk 5,25 inci pertama kepasaran yang bernama ST506,(6mb, 3600rpm, harga :1000 US dollar)

Choirul anwar anak desa ujung harapan (ujung malang) kel. bahagia kec.babelan kab. Bekasi

  1. Pada tahun 1989 Western Digital membuat standar IDE (Integrated Drive Electronics) untuk semua ukuran Harddisk
  2. Perkembangan Harddisk yang sangat pesat dimulai pada tahun 1997 dengan adanya Giant Magnet Resistance (GMR) yang ditemukan oleh Peter Gurnberg, dengan DTTA-351680, IBM dapat mengatasi batasan kapasitas 10GB.

Choirul anwar anak desa ujung harapan (ujung malang) kel. bahagia kec.babelan kab. Bekasi

  1. Pada tahun 2001 perusahaan Maxtor mengeluarkan harddisk Maxtor VL40 32049h2, dengan kapasitas 20 GB (masih sangat besar kala itu)
  2. Pada tahun 2004, Seagate meluncurkan Hard disk SATA pertama dengan Native Command queing. kapasitas HD ini sudah mencapai 120GB.
  3. Pada tahun 2005 Samsung memperkenalkan sebuah hybrid hard disk 2.5 inci, HD ini menggunakan komponen mekanis magnetis dan NAND flash memory yang berfungsi sebagai buffer yang cepat.

Choirul anwar anak desa ujung harapan (ujung malang) kel. bahagia kec.babelan kab. Bekasi

  1. Pada tahun 2006 Seagate meluncurkan Penperdicular Recording, Momentus 5400.3 sebuah HD 2.5 inci, berkapasitas 160 GB yang menggunakan teknik vertical recording
  2. Choirul anwar anak desa ujung harapan (ujung malang) kel. bahagia kec.babelan kab. Bekasi

  1. Pada tahun 2007 Hitachi meluncurkan DeskStar 7K1000 HD Terabyte pertama ke pasaran, dengan kapasitas 1000GB, atau 1 TeraByte.

Choirul anwar anak desa ujung harapan (ujung malang) kel. bahagia kec.babelan kab. Bekasi

  1. 2010-….? Solid State Drive, tidak berisik, hemat daya, cepat dan sangat handal, inilah kriteria HD masa depan, SSD dengan kapasitas paling besar saat ini berukuran 256GB, kekurangannya terletak pada masalah harga, Flash Memory masih sangat mahal, Para Ahli memprediksi bahwa masih dibutuhkan sekitar 5 tahun sampai SSD dapat menyamai kapasitas HD konvensional dengan harga yang sama.

Sumber :  http://www.kaskus.us/showthread.php?t=3365704

3. harddisk terkini dan terbaru

HITACHI Deskstar Harddisk Internal 3.5 Inci 4 TB Telah Hadir di Jepang(0)

Kapasitas terbesar untuk harddisk telah muncul dalam ukuran 3,5 inci. Hitachi dilaporkan mulai pengiriman hard-drive internal 4TB, yang telah terlihat di negara asal perusahaan yaitu di Jepang. Penawaran tersebut tampaknya menjadi hard drive 3,5-inci pertama internal untuk tiba di pasar dengan kapasitas penyimpanan 4TB, meskipun pesaing berhasil merilis 4TB disk drive eksternal single disk di awal tahun. Drive baru dijual di bawah merek Hitachi Deskstar, membawa antarmuka SATA 3.0 dengan kecepatan 6Gb / s  dan putaran disk pada 5.900 rpm. Hitachi belum secara resmi mengumumkan drive 4TB ini , meskipun gambar diposting […]

Seagate Momentus XT 750GB Solid State Hybrid Drive Gabungan SSD & HDD Biasa(0)

Seagate memperkenalkan Momentus XT generasi kedua solid state drive hibrida (sshd) untuk notebook. SSHD baru ini tersedia dalam kapasitas 750GB. Seagate Momentus XT menggabungkan memori solid state dengan hard drive 7200RPM untuk memberikan peningkatan kinerja, dan fitur teknologi FAST Factor memadukan kekuatan dari SSD dan hard disk drive untuk akses cepat ke aplikasi, boot lebih cepat dan kecepatan sistem yang lebih tinggi secara keseluruhan. Menurut Seagate, Momentus 750GB XT dengan drive jenis hibrida hampir 70 persen lebih cepat daripada Momentus versi sebelumnya dan sampai tiga kali lebih cepat daripada hard disk drive biasa. Harddisk hibrida canggih ini menggunakan antarmuka SATA 6Gbps dan memiliki 8GB Single Level […]

Seagate GoFlex 4TB Harddisk Eksternal Bisa Simpan 2000 Film HD(0)

Seagate baru saja mengumumkan harddisk eksternal 4TB nya GoFlex  (7200rpm). Kapasitas ini cukup besar untuk menyimpan 2000 film HD , dan ruang penyimpanan musik yang sungguh melebihi jumlah yang dimiliki orang pada umumnya. Kebetulan, ini juga merupakan peluncuran desain  baru untuk jajaran  seluruh produk lini GoFlex. Desain ini telah dioptimalkan untuk ruang tetapi tetap mempertahankan […]

Samsung PM830 SSD Terbaru dengan Interface SATA III(0)

Samsung telah mengumumkan solid state drive baru Seri PM830  yang menggunakan antarmuka SATA III dengan kecepatan transmisi data hingga 6Gb / s. Drive SSD baru ini menggunakan chip memori  NAND 20 nanometer Samsung (nm) kelas 32Gigabit multi-level cell (MLC)  menggabungkan toggle DDR  dan dilengkapi dengan controller NAND eksklusif untuk meningkatkan kinerja dengan SATA III. Samsung […]


Iomega Mac Hard Drive Companion Eksternal Harddisk yang cocok utk Mac Anda(0)

Iomega meluncurkan  Mac Hard Drive Companion baru dengan gaya desain yang cocok dengan  komputer Mac terbaru. Merupakan tipe 3.5-inch hard drive berkecepatan 7200RPM, drive baru dari Iomega ini tersedia dalam kapasitas 2TB dan 3TB dan diformat HFS + untuk kemudahan penggunaan langsung utk pengguna Mac. Companion Mac memiliki dua port FireWire 800  dan satu port […]

Toshiba MQ01ABD Harddisk 2.5 Inci Kapasitas 1TB Pertama(0)

Toshiba telah memperkenalkan harddisk pertama berukuran 2,5 inci yang mencapai 1TB dalam kapasitas penyimpanan. Drive ini yang masuk dalam seri MQ01ABD, menggunakan teknologi 500GB/platter untuk mencapai kapasitas 1TB dalam desain dengan ketebalan hanya 9.5m yang merupakan standar untuk notebook dan perangkat kecil lainnya. Teknologi baru ini dikatakan dapat meningkatkan kuantitas data yang disimpan per inci […]

Sony HD-PG5 HardDisk Eksternal pertama dari Sony berkapasitas 500 GB(2)

Sony telah memperkenalkan hard drive eksternal pertama yaitu Sony HD-PG5.  Hard drive eksternal ini bekerja sebagai perangkat USB sebagai penyimpanan yang umum, tapi menyediakan sejumlah fitur khusus untuk berbagai perangkat Sony . Pengguna dapat merekam video HD langsung dari TV Bravia mereka , mentransfer file video langsung dari camcorder Sony Handycam tanpa menggunakan PC, atau <a href="http://wp.me/p2cYNx-gy"%5B…%5D

Harddisk Notebook Samsung Spinpoint M8 Berkapasitas 1TB

Terbaru(0)Walaupun divisi hardisk Samsung baru saja telah diakuisisi oleh Seagate pada bulan April tahun 2011 yang lalu, tapi Samsung sendiri tampaknya masih akan tetap merilis HDD dengan mereknya sendiri. Dan bahkan baru-baru ini kabarnya Samsung baru saja merilis hardisk laptop Spinpoint M8 series 2.5 inci yang dapat mencapai kapasitas 1TB. Model jajaran teratas ini dibangun a href=”http://wp.me/p2cYNx-gA&#8221; target=”_blank”>[…]

Harddisk Portabel C2 Rugged Back-up Drive Tangguh Lolos Uji Militer(0)

Clickfree meluncurkan harddisk portabel baru jenis rugged, C2 Rugged Back-up Drive yang melewati US Military Drop Test Standard Transit (MIL-STD 801F 516,5 Procedurte Metode IV) yang dapat terus bekerja bahkan setelah jatuh dari ketinggian 48-inci. Sebagai drive backup, C2 memiliki fitur Easy Run  yang secara otomatis memulai, mencari, mengatur dan backup data  komputer segera setelah […]

Gigabyte A2 Harddisk portabel Terbaru Mendukung USB 3.0(1)

Gigabyte meluncurkan harddisk portabel seri A2 dengan yang telah mendukung interface USB 3.0 p. Harddisk 2,5-inci ini tersedia dalam kapasitas penyimpanan 320GB, 500GB, 640GB dan 750GB. Karena telah menggunakan antarmuka USB 3.0 maka hard drive ini dapat melakukan transfer data berkecepatan tinggi. Tebal A2 ini hanya 1.4cm dan dilengkapi kemampuan mekanisme penyerapan kejutan internal / […]


LG XE1 dan XE2 Harddisk Eksternal Terbaru dengan USB 3.0(0)

LG meluncurkan di Korea harddisk eksternal LG XE1 dan XE2 dengan koneksi USB 3.0. Keduanya akan tersedia dalam kapasitas 500GB, 750GB dan 1TB. Kedua eksternal drive 2.5-inci ini mendukung antarmuka USB 3.0 tapi tetap kompatibel dengan USB 2.0. LG XE1 akan memiliki casing glossy sementara XE2 mendapatkan desain casing warna matt. Harga LG XE1 dan […]



Transcend StoreJet 25H3P HardDisk Eksternal Terbaru 1 TB dengan USB 3.0(0)

Transcend menambah produk baru pada lini eksternal hard drive sebanyak dua biji yaitu 2 model baru. Yang pertama adalah  StoreJet 25H3P yang telah menggunakan antarmuka SuperSpeed ​​USB 3.0, dan StoreJet 25H2P yang masih dengan USB 2.0, keduanya dilengkapi dengan kapasitas penyimpanan 1TB.  Kedua harddisk eksternal StoreJet baru ini datang dengan casing keras diperkuat yang mendistribusikan […]

Harddisk WD My Book Studio Edition II Terbaru Kapasitasnya Cuma 6 TB (6000 GB)!!(0)

Western Digital baru saja memperkenalkan My Book Studio Edition II terbaru ke dunia . Sistem penyimpanan dual-drive  ini memiliki kapasitas penyimpanan besar 6 terabyte (TB) dan telah dirancang bagi profesional kreatif dan penggemar Mac. Yaitu mereka yang menggunakan komputer  untuk membuat, menyimpan, mengedit dan file arsip besar seperti video HD dan foto dalam jumlah banyak […]

Asus Lamborghini External HDD Keren Kapasitas 500 GB & 850 GB(0)

Pengguna notebook biasanya memerlukan HDD eksternal nah kali ini Asus meluncurkan HDD eksternal terbaru yang super keren yaitu Asus Lamborghini. Asus Lamborghini External HDD ini hadir dalam 2 pilihan yaitu dengan kapasitas 500GB dan 750GB dan mendukung USB 3.0 dan USB 2.0. Produk ini menawarkan one-click auto backup yang dapat menyimpan dan memproteksi data. Asus […]

Kaleidescape Cinema One Server untuk Koleksi Film DVD Anda(0)

Kaleidescape mengumumkan baru Cinema One, out-of the box server DVD movie yang dirancang untuk kemudahan, yang bisa digunakan untuk menonton secara instan dan manajemen dari seluruh koleksi film. Cinema One menggunakan empat harddisk 500GB  yang dapat menyimpan hingga 225 DVD atau 2500 CD  untuk pemutaran instan dan nonton. Desain Kaleidescape Cinema One keren yang membuatnya […]

Harddisk 3TB Terbaru Pertama Hitachi Deskstar 7K3000 3.5 inci dengan 7200RPM(0)

Hitachi meluncurkan harddisk terbarunya yaitu Hitachi Deskstar seri 7K3000 yang merupakan hard drive 3,5 inci  dengan kapasitas hingga 3TB. Hitachi seri 7K3000 adalah harddisk 6Gb SATA pertama dari Hitachi dan merupakan yang pertama di industri hard drive 3.5-inch berkapasitas 3TB dengan kecepatan 7200RPM. Hard drive ini memiliki 64MB cache memory untuk meningkatkan kinerja. Hitachi Deskstar […]

Harddisk 3TB SATA Terbesar & Terbaru Bernama Western Digital Caviar Green(5)

Western Digital (WD) telah memperkenalkan harddisk terbaru  dengan kapasitas terbesar dari seri  dengan kapasitas 3TB baru dan 2.5TB SATA hard drive yang diberi kode produk Green , memanfaatkan densitas 750 GB-per-platter dan Advanced Format (AF) teknologi. Harddisk baru ini datang dengan Teknologi WD GreenPower , yang mengurangi konsumsi daya dengan memungkinkan suhu operasi lebih rendah […]

FreeAgent GoFlex Desk Harddisk Ekternal 3 Terrabyte Pertama Terbesar dari Seagate(1)

bisa dikatakan Seagate baru saja meluncurkan salah satu harddisk eksternal dengan kapasitas terbesar pertama yaitu 3Tb yang dinamai FreeAgent GoFlex Desk drive berukuran 3.5 inci. Ini merupakan pertama untuk kelasnya yaitu harddisk eksternal tunggal yang memerlukan sistem operasi 64 bit seperti Mac OS X Snow Leopard, Windows 7 atau Windows Vista 64 bit apabila […]

Harddisk Toshiba MBF2xxLRC 2.5-inch SAS 3.5-inch(0)

Setelah MBF2600RC, Toshiba memperkenalkan harddisk seri MBF2xxLRC 2.5-inch SAS yang terpasang di bracket 3,5 inci yang memudahkan migrasi departemen TI usaha kecil ke drive kelas enterprise dengan bentuk lebih kecil. Toshiba MBF2xxLRC tersedia dalam 300GB (MBF230LRC), 450GB (MBF245LRC) dan 600GB (MBF260LRC) , drive baru Toshiba memberikan fitur kecepatan rotasi 10025ROM , hingga 216MB / s […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Zoemalang's community

ujung malang adalah Sebuah desa yang hilang terganti dengan ujung harapan

YoYo Games Blog Feed

Ujung malang adalah Sebuah desa yang hilang terganti dengan ujung harapan

Dealer Termurah

Menjual Segala Jenis Motor Baru Di Indonesia Cash Maupun Kredit

%d blogger menyukai ini: