Cara Ampuh Menghapus Virus Shortcut


Berikut ini saya akan membagikan bagaimana cara membersihkan virus shortcut yang biasa kalian jumpai pada suatu permasalahan komputer/laptop, mungkin di antara anda semua pernah mengalami kejadian seperti ini, sebenarnya kejadian ini sungguh merepotkan bagi yang mengalami, karena cara kerja dari virus shortcut tersebut men-duplikat file-file aslinya dan juga beserta folder-foldernya.

Choirul anwar anak desa ujung harapan (ujung malang) kel. bahagia kec.babelan kab. Bekasi Nah, sebelum kita membahas cara mengatasi virus shortcut ini, saya akan memberitahukan kepada kalian semua ciri-ciri virus shortcut tersebut, yaitu :
1. Virus tersebut akan membuat file ‘autorun.inf’ di setiap drive-drive dan folder-folder anda. Dan kemudian biasanya akan menginfeksi komputer/laptop dari sebuah Flashdisk.
2. Virus tersebut juga akan membuat file ‘thumb.db’ (nb: file ‘thumb.db’ pada folder atau drive kalian merupakan file chace dari sebuah komputer/laptop kalian yang asli. Dan jika file ‘thumb.db’ merupakan database dari virus tersebut. Awas! Hati-hati dengan adanya perbedaan nama yang akan mengelabuhi kalian)
3. Dan untuk menjebak para korban virus ini akan membuat file ‘microsoft.ink’ dan ‘ekstensi.ink’ di setiap folder drive kalian. Jika kalian mencoba meng-klik file tersebut maka secara otomatis akan mengaktifkan virus-virus tersebut.
4. Jangan lupa periksa Task Manager anda apakah ada file ‘wscript.exe’ yang berjalan di system kalian, jika itu ada maka matikan saja, karena di dalam keadaan normal tidak ada file ‘wscript.exe’ tersebut.
Nah..setelah kalian mengetahui ciri-ciri dari kinerja virus shortcut maka kemudian sekarang akan saya teruskan langkah-langkah cara membersihkan virus shortcut, yaitu :
1. Untuk proses pembersihan maka matikanlah fungsi system restore
2. Jika komputer/laptop kalian terkoneksi internet/jaringan, maka matikanlah koneksinya
3. Lalu matikanlah proses virus yang masih aktif di memory dengan menggunakan alat/tools ‘ice project’ jika itu sudah terinstall pilih file yang mempunyai icon ‘Microsoft Visual Basic Project’ lalu kemudian klik ‘terminate process’.
4. Lalu hapus registri yang sudah di buat oleh virus tersebut dengan cara :
• Klik menu (start)
• Klik Run
• Lalu ketikan REGEDIT.exe, kemudian klik pada (ok)
• Di aplikasi Registry Editor, telusuri key (HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Windows\currentVersion\Run)
• Lalu hapus key yang mempunyai data (C:\Document and Setting\%user5)
5. Disable Autoplay/Autorun pada Windows. Lalu copy script di bawah ini pada notepad kemudian save dengan nama REPAIR.INF, install file tersebut dengan cara berikut : Klik kanan REPAIR.INF -> INSTALL.
6. Kemudian hapus file induk dan hapus juga file duplikat yang di buat oleh virus tersebut termasuk di flashdisk. Dan untuk mempercepat pada proses pencarian, kalian dapat menggunakan fungsi ‘search’ sebelum kalian melakukan pencarian sebaiknya tampilkanlah semua file-file yang tersembunyi dengan mengubah pada setting folder option.
Lalu hapus file duplikat shortcut yang mempunyai ciri-ciri sebagai berikut :
• Icon Folder atau icon
• Ekstensi .LNK
• File type ‘shortcut’
• Size file 1 KB
Kemudian hapus juga file yang .dll (contohnya: ert.dll) dan file Autorun.inf di folder yang di share atau di flashdisk yang mempunyai ekstensi .exe atau .scr terlebih dahulu kemudian baru hapus file shortcut .LNK
7. Nah sekarang tampilkan lagi file yang tadi telah di sembunyikan oleh virus. Untuk mempercepat proses tersebut, kalian bisa gunakan tools ‘UnHide File And Folder’
Jika sudah di install, pilih didirektori (C: \Documents and Setting) dan folder yang berada di flashdisk yaitu dengan cara menggeser ke kolom yang pastinya sudah tersedia. Dan pada menu (Attribute) lalu kosongkan saja pada semua pilihan yang ada, lalu klik pada tombol (Change Attribute)
8. Dan yang terakhir update patch dan security windows kalian. Gunkanlah antivirus ter-update
Sekian dan terimakasih semoga cara membersihkan virus shortcut bisa anda manfaatkan dari apa yang saya jelaskan tadi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Zoemalang's community

ujung malang adalah Sebuah desa yang hilang terganti dengan ujung harapan

YoYo Games Blog Feed

Ujung malang adalah Sebuah desa yang hilang terganti dengan ujung harapan

Dealer Termurah

Menjual Segala Jenis Motor Baru Di Indonesia Cash Maupun Kredit

%d blogger menyukai ini: