12 Cara Tingkatkan Kesehatan dalam 60 Detik


Jika dalam studi terbaru disebutkan bahwa hanya butuh satu menit sebenarnya untuk kita dapat meningkatkan kesehatan, bukan berarti Anda jadi tidak olahraga. Hanya saja, ada cara lain yang dapat meningkatkan kesehatan Anda hanya dalam satu menit.

Caranya? berikut ulasannya, seperti dikutip Huffington:

1. Tarik napas dalam-dalam

Saat stres, menarik napas adalah salah satu cara relaksasi. Dengan menarik napas, Anda akan mendapatkan merasakan turunnya tekanan darah Anda, produksi hormon stres melambat dan bahkan dapat mengubah ekspresi menjadi lebih santai.

2. Berpelukan

Sebuah pelukan hangat memang penting guna membuat kita merasa lebih bahagia dan nyaman. Tapi jangan salah, paramedis setuju jika berpelukan memiliki manfaat kesehatan seperti menurunkan tekanan darah dan denyut jantung.

3. Tertawa

Banyak penelitian membuktikan kalau tertawa adalah obat terbaik saat stres. Tidak hanya itu, tertawa juga mengubah beberapa respon fisiologis dalam tubuh yang setara dengan aktivitas fisik. WebMD melaporkan, dalam sebuah penelitian William Fry mengaku butuh 10 menit untuk memacu denyut jantung. Sedangkan dengan tertawa, hanya butuh satu menit untuk memacu denyut jantung. Selain itu, tertawa juga dapat meningkatkan memori dan membuang sejumlah kalori.

4. Mengonsumsi cokelat hitam

Senyawa tumbuhan alami dalam kakao dapat melindungi jantung. Beberapa bukti bahkan menunjukkan kalau cokelat hitam juga dapat membantu menangkal diabetes dan melindungi kulit.

5. Ambil hikmahnya

Jangan salah, hanya dengan optimisme saja, jantung akan lebih sehat dan sistem kekebalan tubuh yang kuat. Sebaliknya, keluhan hanya akan membuat stres.

6. Berpaling dari layar

Ingat aturan 20 20 20? setiap 20 menit bekerja di depan komputer kita harus istirahat paling tidak 20 detik dengan melihat obyek atau benda yang jaraknya sekitar 20 kaki ( 20 feet = 6 meter ).

7. Cuci tangan

Yang satu ini juga membutuhkan waktu 20 detik. Dengan cuci tangan yang benar, Anda dapat menurunkan jumlah penderita diare hingga 31 persen.

8. Gunakan sabuk pengaman

Penggunaan sabuk pengaman, tentu dapat menghindari kecelakaan. Tapi tahukah Anda, meski data di Indonesia belum jelas namun sekitar 87 persen orang dewasa di AS ternyata juga enggan mengenakan sabuk pengaman. Akhirnya, lebih dari 2 juta orang dewasa dirawat karena cedera kecelakaan mobil setiap tahun pada 2012.

9. Tambahkan kayu manis pada sarapan Anda

Rempah-rempah adalah cara cerdas untuk menyimpan kalori tanpa rasa. Kayu manis juga pelindung bagi penderita diabetes karena dapat menurunkan kadar gula darah dan kolesterol. Cobalah campurkan pada yogurt, oatmeal, sereal atau bahkan kopi.

10. Istirahat yang cukup

Istirahat yang cukup dengan pose yoga restoratif. Selain meregangkan tubuh yang lelah, cara ini dapat membantu meringankan sakit punggung dan leher.

11. Kenakan tabir surya

Paparan sinar matahari merupakan salah satu penyebab penyakit berbahaya bagi tubuh. Jadi kenakan tabir surya secara rutin.

12. Tersenyum

Penelitian tahun 2010 menunjukkan bahwa orang yang suka tersenyum cenderung awet muda dan hidup lebih lama. Bahkan ketika mereka merasa stres, berpura-pura tersenyum dapat membuat Anda merasa lebih nyaman.

#tips #sehat 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Zoemalang's community

ujung malang adalah Sebuah desa yang hilang terganti dengan ujung harapan

YoYo Games Blog Feed

Ujung malang adalah Sebuah desa yang hilang terganti dengan ujung harapan

Dealer Termurah

Menjual Segala Jenis Motor Baru Di Indonesia Cash Maupun Kredit

%d blogger menyukai ini: