Inilah 5 tanda di kaki ungkap penyakit di dalam tubuh


Saat seseorang sedang mengidap penyakit tertentu, biasanya gejalanya bisa terlihat dari perubahan anggota tubuh mereka. Bahkan gejala penyakit ini bisa dideteksi lewat kondisi kaki. Bagaimana bisa?

Dikutip dari boldsky.com, kaki bisa mengungkapkan kondisi kesehatan Anda secara keseluruhan. Sebab kaki memiliki titik kesehatan yang terlihat. Beberapa penyakit seperti diabetes, tiroid, dan penyakit jantung bahkan bisa terlihat di kaki bahkan sebelum Anda pergi memeriksakannya ke dokter. Berikut adalah penjelasannya.

1. Kaki kering

Jika Anda mengalami kaki kering, mungkin Anda mengira bahwa Anda kurang mengoleskan pelembap. Namun sebenarnya jika kaki Anda kering dan pecah-pecah kulitnya, itu adalah tanda dari masalah tiroid. Masalah tiroid yang berhubungan dengan kelenjar tiroid ini biasanya akan membuat penderitanya mudah letih, lesu, naiknya suhu tubuh, dan sistem metabolisme tubuh yang tidak lancar.

2. Luka yang tak kunjung sembuh

Luka yang ada di kaki adalah normal terjadi. Namun jika tak kunjung sembuh, bisa jadi itu adalah tanda diabetes. Sebab tingkat gula darah yang tidak terkendali dalam tubuh akan menyebabkan sirkulasi darah juga buruk terutama di bagian kaki. Ketika darah tidak mencapai luka tersebut, maka luka menjadi tidak kunjung sembuh.

3. Nyeri di kaki

Nyeri yang terjadi di kaki biasanya disebabkan oleh tingginya tingkat purin dalam tubuh. Purin dapat memicu peningkatan asam urat dalam tubuh yang mengakibatkan nyeri atau linu. Senyawa purin ini biasanya ditemukan dalam daging merah, alkohol, dan ikan.

4. Adanya garis merah di bawah kuku

Munculnya garis merah di bawah kuku kaki Anda adalah gejala utama dari infeksi jantung. Garis merah ini muncul karena pembuluh darah yang rusak. Dan pembuluh darah serta sirkulasi darah berkaitan dengan kesehatan jantung. Mereka yang sedang menjalani kemoterapi atau pasien HIV pun juga sering mengalami hal ini.

5. Bengkak di sekitar kuku

Bengkak di sekitar kuku kaki atau yang disebut dengan clubbing merupakan gejala utama munculnya kanker paru. Selain kanker paru, clubbing juga biasanya dialami mereka yang memiliki masalah dengan paru-paru, penyakit jantung, atau penyakit usus.

Kaki seringkali menjadi bagian tubuh yang luput dari perhatian. Padahal seperti penjelasan di atas, kaki bisa menjadi media dari munculnya penyakit. Oleh karena itu mulai saat ini coba perhatikan kesehatan kaki Anda dan sekecil apapun perubahan yang terjadi di dalamnya.

#tips #sehat 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Zoemalang's community

ujung malang adalah Sebuah desa yang hilang terganti dengan ujung harapan

YoYo Games Blog Feed

Ujung malang adalah Sebuah desa yang hilang terganti dengan ujung harapan

Dealer Termurah

Menjual Segala Jenis Motor Baru Di Indonesia Cash Maupun Kredit

%d blogger menyukai ini: