Mengapa berdiri membuat kaki mudah lelah dibanding berjalan?


Berdiri dalam waktu lama terutama untuk menunggu adalah hal yang menyebalkan. Selain membosankan, entah kenapa Anda akan merasa bahwa kaki menjadi mudah lelah sehingga akhirnya Anda memutuskan untuk sedikit berjalan untuk menghilangkan perasaan lelah dan pegal itu.

Perasaan lelah yang muncul karena berdiri itu ternyata disebabkan oleh beberapa hal yang membuat tubuh bekerja secara tidak seimbang. Dilansir dari Today I Found Out, berikut empat alasan mengapa tubuh menjadi mudah lelah ketika berdiri.

1. Tubuh tidak beristirahat ketika berdiri

Walaupun terlihat seperti diam saja, ketika berdiri tubuh Anda tidak benar-benar istirahat. Ketika berdiri ini beberapa bagian tubuh terus bekerja untuk menyesuaikan keseimbangan otot demi menunjang posisi berdiri Anda. Perubahan-perubahan pada otot ini cenderung lebih membuat cepat lelah karena hanya dipusatkan pada beberapa titik tubuh saja. Ketika berjalan, pengaturan keseimbangan dari otot ini dilakukan secara lebih merata pada banyak bagian tubuh.

2. Distribusi kerja tubuh yang tidak seimbang

Ketika berada dalam posisi berdiri, berat tubuh hanya ditanggung oleh bagian telapak dan kaki saja. Ketika berjalan, titik berat tubuh terbagi secara lebih seimbang pada beberapa bagian. Ketika berdiri, beban yang ditanggung oleh otot kaki menjadi dua kali lipat dibanding yang dibutuhkan untuk berjalan.

3. Asupan darah dan oksigen yang kurang

Pada posisi berdiri, darah berhenti pada telapak kaki, betis, dan persendian. Hal ini terjadi karena posisi tegak seperti ini membuat darah tidak dapat terpompa secara efektif ke tubuh bagian atas. Itu yang menyebabkan kadang ketika Anda berdiri, kaki menjadi kesemutan. Selain itu, ketika dalam posisi berdiri yang pasif, otot sekitar kaki menjadi kekurangan oksigen yang dibawa bersama darah.

4. Rasa bosan

Secara psikologis, berdiri dan berada dalam keadaan pasif membuat seseorang menjadi lebih cepat bosan. Ketika dalam kondisi diam ini maka waktu akan terasa menjadi sangat lama dan Anda dapat merasakan kelelahan yang Anda alami dibanding ketika sedang beraktivitas.

Berdiri ternyata bukanlah posisi yang baik bagi sistem kerja tubuh, selain itu kebosanan yang ditimbulkannya juga dapat membuat rasa lelah yang Anda miliki semakin terasa. Jadi lain kali jika Anda menunggu, lakukanlah berbagai aktivitas kecil yang memungkinkan untuk membuat Anda merasa tidak terlalu bosan atau tubuh Anda bekerja secara normal.

#tips #sehat 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Mari kita bersama meningkatkan kesadaran kita - Mulailah berpikir cerdas, Kita semua beragama !!! Agama bukan identitas...jadikanlah agama untuk keluar dari kebodohan

Tulisan di blog ini mungkin sangat ngawur tapi mungkin juga benar. Merdekakan pikiran anda, sentuh hati nurani anda. Yang ada tinggal KASUNYATAN SEJATI

Zoemalang's community at www. zoemalang.wordpress.com

ujung malang adalah Sebuah desa yang hilang terganti dengan ujung harapan

YoYo Games Blog Feed

Tulisan di blog ini mungkin sangat ngawur tapi mungkin juga benar. Merdekakan pikiran anda, sentuh hati nurani anda. Yang ada tinggal KASUNYATAN SEJATI

Dealer Termurah

Menjual Segala Jenis Motor Baru Di Indonesia Cash Maupun Kredit

%d blogger menyukai ini: