Manfaat beras merah untuk program diet sehat


Menurut beberapa pakar kesehatan mengatakan bahwa beras merah ternyata memiliki banyak kandungan asam amino, vitamin B, Karbohidrat kompleks serta serat. Dan karena serat dan karbohidrat inilah yang membuat kita menjadi lebih tahan terhadap lapar. Lalu, apa sebenarnya perbedaan beras merah dan beras biasa?

Beras merah dan beras putih sesungguhnya masih dalam satu varietas, yang membedakan adalah secara kasat mata kita melihat dari warna beras itu sendiri. Untuk beras yang berwarna agak merah gelap ini tentunya di hasilkan dari jenis padi yang memang tidak begitu banyak yang membudidayakannya, sehingga faktor inilah yang membuat beras merah menjadi lebih mahal dari beras biasa.

Beras merah memang berbeda dari beras biasa, terutama saat memasaknya jauh lebih lama dari beras biasa. Dan hasilnya pun lebih pera/keras dari beras biasa. Itulah kenapa orang Indonesia lebih cenderung mengkonsumsi beras merah dibanding beras biasa. Tapi secara gizi, masih lebih unggul beras merah di banding beras putih. Karena beras merah mempunyai kandungan zat yang bernama antosianin, sejenis senyawa yang ada dalam lapisan warna merah dan zat tersebut sangat bermanfaat sebagai anti oksidan, anti kanker, beras merah juga baik untuk diabetes dan anti hipertensi.

Sedangkan manfaat beras merah untuk program diet sehat adalah sebagai berikut :

1.) Mencegah penyakit jantung

Karena kandungan serat yang tinggi dalam beras merah sangat baik untuk mencegah penyakit jantung karena dapat menyerap kolesterol jahat dalam tubuh. Sama seperti hal nya kita mengkonsumsi outmeal atau sereal.

2.) Menjaga berat badan tetap ideal dan sehat

Dengan mengkonsumsi beras merah yang didalamnya banyak mengandung serat tentunya akan membuat kita lebih tahan lapar, dan ini tentunya dapat mensukseskan program diet sehat dengan beras merah. Dan yang paling penting, beras merah ini memiliki kandungan glikemik yang jauh lebih rendah dibanding beras biasa. So, dengan mengkonsumsi beras merah ini akan membuat gula darah menjadi lebih stabil.

3.) Beras merah baik untuk pencernaan

Selain kaya serat dan zat penting bagi kesehatan, beras merah ternyata juga baik untuk kesehatan pencernaan. System pencernaannya menjadi lebih stabil dalam memproses metabolisme.

4.) Sumber pembentuk energi tubuh

Vitamin B yang banyak terkandung dalam beras merah, mampu menopang pembentukan energi dalam tubuh manusia.

Secara umum, banyak orang memanfaatkan beras merah sebagai makanan tambahan dalam berbagai acara, dan bukan merupakan makanan pokok, akan tetapi khusus untuk pelaku diet sehat yang memanfaatkan beras merah, akan sangat disarankan untuk lebih sering mengkonsumsi beras merah ini. Meski terbilang mahal, beras merah masih mudah di temukan di pasaran.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Zoemalang's community

ujung malang adalah Sebuah desa yang hilang terganti dengan ujung harapan

YoYo Games Blog Feed

Ujung malang adalah Sebuah desa yang hilang terganti dengan ujung harapan

Dealer Termurah

Menjual Segala Jenis Motor Baru Di Indonesia Cash Maupun Kredit

%d blogger menyukai ini: