Rangkaian Konverter


Rangkaian Konverter dari DC (arus searah) ke DC pada sistem tenaga listrik dewasa ini memang sangat dibutuhkan. Hal tersebut dapat kita jumpai pada berbagai alat elektronik rumah tangga disekitar kita. Salah satu alat yang berhubungan dengan tegangan DC tersebut diantaranya adalah konverter DC ke DC. Dengan rangkaian konverter DC ke DC tersebut, kita dapat membuat dan juga memiliki konverter yang dapat menyuplai sistem catu daya pada mobil. Rangkaian ini merupakan salah satu jenis rangkaian elektronika daya yang dapat berfungsi sebagai mengkorversi tegangan masukan searak konstan menjadi tegangan keluaran searah yang bisa divariasikan berdasarkan perubahan duty cycle pada rangkaian control.

Sumber tegangan DC dari dari konverter DC ke DC bisa diperoleh dari baterai ataupun dengan menyearahkan sumber tegangan AC yang kemudian dihaluskan dengan filter kapasitor yang dapat mengurangi riak (ripple). Secara garis besar, rangkaian konverter DC ke DC ini dibagi menjadi dua bagian, yaitu tipr linier dan juga tipe peralihan (switching). Pengubah daya DC ke DC dengan tipe peralihan atau yang dikenal juga dengan DC chopper ini dapat dimanfaatkan, terutama dalam penyediaan tegangan keluaran DC yang bervariasi besarannya sesuai dengan permintaan beban.

Gambar Skema Rangkaian Konverter

Komponen yang digunakan dalam menjalankan fungsi penghubung tersebut yaitu switch (solid state electronic switch), misalnya seperti Thyristor, IGBT, MOSFET dan GTO. Berdasarkan pada arah aliran arus tegangannya, DC chopper diklasifikasikan menjadi lima bagian, yaitu DC Chopper kelas A, DC Chopper kelas B, DC Chopper kelas C, DC Chopper kelas D dan DC Chopper kelas E. Rangakaian konverter DC ke DC secara garis besar dapat dibagi menjadi dua kategori besar, yakni yang terisolasi dan tak terisolasi, atau dengan istilah direct converter untuk tak terisolasi dan indirect converter untuk terisolasi.

DC Chopper sendiri memiliki kelebihan, yaitu pada pengubah daya secara jauh lebih efisien dan pada pemakaian komponen yang lebih kecil. Akan tetapi dalam penggunaan switching pada DC chopper tersebut dapat menimbulkan adanya harmonisasi pada sisi number ataupun pada sisi keluarannya itu sendiri. Demikian artikel mengenai rangkaian konverter, semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Zoemalang's community

ujung malang adalah Sebuah desa yang hilang terganti dengan ujung harapan

YoYo Games Blog Feed

Ujung malang adalah Sebuah desa yang hilang terganti dengan ujung harapan

Dealer Termurah

Menjual Segala Jenis Motor Baru Di Indonesia Cash Maupun Kredit

%d blogger menyukai ini: