Cara Memperbaiki Power Supply


Cara Memperbaiki Power Supply ketika terjadi gangguan memang perlu diketahui, terutama bagi mereka yang bekerja di bidang jasa perbaikan perangkat keras khusus komputer. Bagi mereka yang bekerja di bidang-bidang elektro, terutama komputer, tentu masalah seperti disfungsi pada power supply merupakan hal yang kecil. Tapi, bagi anda yang mungkin tidak tahu-menahu tentang bagaimana cara mengatasi power supply yang mengalami kerusakan, tidak ada salahnya untuk mencari tahu apa yang menjadi penyebabnya dan memperbaikinya. Karena, dengan memperbaiki sendi power supply yang mengalami kerusakan, tentu anda akan menghemat biaya service.

Power supply merupakan peralatan elektronik pada komponen penyusun barang elektronik, terutama komputer. Fungsi dari alat ini adalah untuk merubah arus bolak-balik listrik (AC) menjadi arus listrik yang searah (DC), sehingga dapat tersalurkan dengan baik ke komponen lainnya. Jika komponen ini rusah, bisa dibayangkan apa yang akan terjadi. Hal yang paling buruk adalah perangkat elektronik yang anda miliki tidak dapat digunakan. Untuk memastikan power supply tidak mengalami masalah, anda harus membuka kotak persegi pada komputer anda.
Berikut ini Contoh Gambar Cara Memperbaiki Power Supply

Ketika bagian kotak yang bernama power supply ini dibuka, anda akan melihat banyak sekali kabel-kabel dengan berbagai macam warna. Masing-masing warna ini memiliki fungsinya masing-masing. Dimana kabel berwarna hijau untuk menyalakan arus listrik DC, kabel warna kuning menandakan voltase dalam satuan volt, untuk warna ungu menunjukkan status stand by dan tegangan yang terkandung di dalamnya. Salah satu cara untuk mengetahui apakah power supply mengalami kerusakan atau tidak, menggunakan alat yang disebut avometer.

Ketika anda menyalakan power supply dengan cara menghubungkan kabel warna hitam dengan hijau. Untuk power supply rusak, kipas tidak akan berputar. Cara memperbaiki power supply ini dapat dilakukan dengan beberapa cara. Buka semua komponen power supply, pastikan tidak ada yang terbakar atau kotor. Jika terdapat banyak kotoran, segera bersihkan. Kemudian cek keadaan fuse pada power supply, ketika fuse sudah tidak berfungsi, berarti fuse harus diganti. Lalu, periksa transistor menggunakan alat yang disebut multimeter.

Ketika transistor ini rusak, maka harus diganti dengan yang baru. Periksa juga keadaan bridge, pastikan kondsisinya baik dan tidak mengalami kerusakan. Intinya, periksalah masing-masing komponen dalam power supply mulai dari transistor, dioda, bridge, regulator bahkan kabel-kabelnya. Ketika salah satu komponen tidak dapat digunakan, komponen tersebut harus diganti dengan yang baru. Begitulah cara memperbaiki power supply pada komputer anda.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Zoemalang's community

ujung malang adalah Sebuah desa yang hilang terganti dengan ujung harapan

YoYo Games Blog Feed

Ujung malang adalah Sebuah desa yang hilang terganti dengan ujung harapan

Dealer Termurah

Menjual Segala Jenis Motor Baru Di Indonesia Cash Maupun Kredit

%d blogger menyukai ini: