Power Supply Komputer Pada Perangkat PC dan Kegunaannya


Power Supply Komputer merupakan salah satu bagian dalam penyusun komputer. Dimana power supply ini biasanya berbentuk kotak yang didalamnya terdapat banyak konektor yang berhubungan ke perangkat keras lain, seperti motherboard, processor, hingga DVD Room memerlukan kinjerja dari power supply. Alat ini biasanya terpasang pada CPU, tapi jika pada laptop atau notebook, benda ini akan berada di dalam laptop tersebut, tapi ukurannya lebih kecil karena disesuaikan dengan ukuran laptop yang tentu lebih kecil daripada komputer yang masih menggunakan CPU sebagai pusat kegiatan komputer. Fungsi dari adanya power supply atau catu daya ini adalah sebagai penhubung arus listrik untuk komponen lainnya. Karena pada komponen-komponen komputer tidak dapat menerima arus listrik bolak-balik (AC), sehingga power supply bertugas merubah arus tersebut menjadi searah (DC). Dengan begitu, power supply tersambung dengan sumber tegangan listrik, kemudian mengubah arus listrik tersebut menjadi searah (DC) dan menyalurkan melalui konektor-konektor pada power supply.
Gambar Skema Power Supply Komputer

Dalam komponen penyusun dari power supply komputer yang terdiri dari rangkaian IC regulator, terdapat pula konektor-konektor yang terhubung dengan komponen yang memerlukan pasokan listrik untuk bekerja. Dengan begitu, fungsi dari konektor ini adalah sebagai output dari tegangan listrik. Pada komputer, komponen motherboard memerlukan arus listrik. Jadi, satu konektor pada power supply akan terhubung kepada motherboard ini. Biasanya, penggunaan konektor jenis 20/24 dengan tipe PIN ATX yang dapat tersembung dengan motherboard. Sedangkan untuk processor komputer menggunakan konektor jennies 4/8 dengan tipe pin 12V. Untuk menyalurkan listrik arus searah pada VGA Card pada komputer, digunakan konektor jenis 6 pin AUX dengan pemberian daya yang cukup besar. Konektor jenis 4 pin digunakan untuk komponen seperri DVD Room, hardisk, kartu grafis, kipas pendingin dan lainnya. Untuk floppy disk yang memerlukan daya kecil, digunakan konektor power kabel. Intinya, setiap komponen memiliki ciri khusu sehingga tidak sembarangan dalam menyambung konektor.

Power supply sendiri sebenarnya berkerja terlebih dahulu ketika anda menyalakan komputer. Alat ini akan secara otomatis melakukan pengecekan dan proses perubahan arus hingga menyambungkannya ke peralatan lainnya. Sehingga, ketika tugas dari catu daya ini telah selesai, komputer anda siap untuk digunakan. Tidak heran jika anda harus menunggu beberapa waku untuk menggunakan komputer anda ketika baru menyalakannya. Semakin canggih serta berkembangnya power supply ini, mungkin suatu saat nanti anda hanya harus menunggu dua detik saja untuk menggunakan komputer yang baru anda nyalakan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Zoemalang's community

ujung malang adalah Sebuah desa yang hilang terganti dengan ujung harapan

YoYo Games Blog Feed

Ujung malang adalah Sebuah desa yang hilang terganti dengan ujung harapan

Dealer Termurah

Menjual Segala Jenis Motor Baru Di Indonesia Cash Maupun Kredit

%d blogger menyukai ini: