Rangkaian Paralel


Rangkaian Paralel sebenarnya merupakan sebuah rangkaian listrik yang disusun dengan tidak sebaris. Pada rangkaian ini, inpu untuk setiap komponen adalah dari sumber yang sama. Inilah yang kemudian menjadi alasan mengapa rangkaian paralel menjadi lebih mahal ketimbang dengan rangkaian seri. Tetapi hal tersebut bukan menjadi kekurangan yang menganggu. Ini karena rangkaian paralel juga memiliki kelebihan yang dapat menguntungkan para penggunanya. Salah satu kelebihan dari rangkaian paralel adalah apabila ada komponen yang rusak ataupun dicabut, maka komponen lainnya yang masih baik atau terpasang akan tetap berfungsi tanpa gangguan sama sekali. Rangkaian paralel pun bisa digabung dengan rangkain seri dan disebut sebagai rangkaian seri-paralel.
Gambar Skema Rangkaian Paralel

Rangkaian Paralel

Pada rangkaian paralel, aliran listrik dari power suply bisa berjalan ke tiap-tiap lampu yang ada. Dalam beberapa rangkaian, terdapat jalan-jalan yang berbeda tapi masih bisa dialiri oleh arus listrik. Dalam sebuah bagan rangkaian paralel, anda dapat melihat dua buah resistor yang susunannya adalah paralel. Ujung dari kedua buah resistor tersebut secara langsung berhubungan dengan sumber tegangan secara bersamaan. Karena itulah, arus listrik bisa mengalir melalui dua jalan berbeda hingga mencapai resistor yang ada. Resistensi total dalam rangkaian paralel, sama jumlahnya dengan kebalikan dari tiap resistensi. Hambatan tersebut jumlahnya akan lebih kecil kalau dibandingkan dengan hambatan resistor pada ke 3 resistor yang dihubungkan secara paralel di rangkaian itu.

Salah satu contoh dari rangkaian paralel adalah lampu lalu lintas. Prinsip kerja dari rangkaian listrik paralel pada sebuah lampu lalu lintas yaitu, tiga buah lampu lalu lintas tersebut terhubung secara paralel antara satu lampu dengan lampu lainnya. Dari hal ini anda dapat menyimpulkan bahwa, rangkaian listrik paralel bisa juga disebut sebagai rangkaian berderet. Yakni dimana terjadi pembagian beban antara satu lampu dengan lampu yang lain, yang berada di dalam jajarannya. Itu tadi merupakan sedikit penjelasan mengenai rangkaian paralel. Biasanya rangkaian paralel telah masuk dalam materi pelajaran fisika, baik yang ada di tingkat menengah hingga tingkat akhir.

Sekian artikel mengenai rangkaian paralel ini, semoga dapat berguna bagi anda semua.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Zoemalang's community

ujung malang adalah Sebuah desa yang hilang terganti dengan ujung harapan

YoYo Games Blog Feed

Ujung malang adalah Sebuah desa yang hilang terganti dengan ujung harapan

Dealer Termurah

Menjual Segala Jenis Motor Baru Di Indonesia Cash Maupun Kredit

%d blogger menyukai ini: