Rangkaian Seri dan Paralel


Rangkaian Seri dan Paralel tentunya sering didengar dalam kehidupan sehari-hari. Namun apakah anda mengerti dan mengetahui pengetahuan yang sesungguhnya dari rangkaian seri dan paralel? Rangkaian paralel dan seri merupakan jenis-jenis rangkaian yang dipakai untuk menyambungkan komponen elektrik menjadi sebuah kesatuan yang utuh. Kalau dilihat dari cara penyusunannya, maka rangkaian seri disambung dengan cara bersambung atau sejajar. Berbeda dengan rangkaian paralel yang penyusunan komponennya dengan cara berderet. Sebelum berbicara lebih lanjut, maka lebih baik diteliti terlebih dahulu satu persatu mengenai kedua rangkaian ini secara terpisah. Agar lebih jelas dan mengenal kedua rangkaian sebelum digabung menjadi satu. Sehingga anda tidak akan merasa kebingungan.

Untuk rangkaian seri, terdapat dua atau lebih beban elektrik yang disamungkan melalui sebuah rangkaian. Dengan menggunakan rangkaian jenis ini, maka anda bisa mengisikan beban listrik yang banyak dalam satu rangkaian saja. Contoh nyata dari penggunaan rangkaian ini adalah lampu hiasan pohon natal. Jenis rangkaian ini dapat memberikan arus yang lewat sama besarnya di tiap-tiap elemen yang disusun seri. Kemudian, dalam rangkaian seri dan paralel juga terdapat rangkaian paralel. Dimana pada rangkaian ini, terdapat lebih dari 1 bagian garis edar yang berguna untuk mengalirkan arus. Kalau dicontohkan, misalnya saja dalam kendaraan bermotor. Maka terdapat banyak beban yang disambungkan secara paralel.
Gambar Skema Rangkaian Seri dan Paralel

Rangkaian Seri dan Paralel

Beralih ke topik utama, rangkaian seri dan paralel merupakan gabungan dari rangkaian seri dan rangkaian paralel. Untuk melakukan pencarian terhadap besaran hambatan, pengganti dari rangkaian campuran ialah dengan perhitungan besaran hambatan dari setiap model rangkaian tersebut. Lalu baru anda bisa mencari hambatan gabungannya dari model rangkaian terakhir yang didapat. Hambatan total dari rangkaian yang anda cari adalah dengan persamaan hambatan pengganti dari rangkaian hambatan seri tersebut. Supaya lebih jelas, maka disarankan agar anda mencari dahulu gambar bagan dari rangkaian seri dan paralel. Supaya lebih jelas.

Sekian sampai disini artikel mengenai rangkaian seri dan paralel. Semoga anda dapat lebih mengerti seputar rangkaian seri dan paralel

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Zoemalang's community

ujung malang adalah Sebuah desa yang hilang terganti dengan ujung harapan

YoYo Games Blog Feed

Ujung malang adalah Sebuah desa yang hilang terganti dengan ujung harapan

Dealer Termurah

Menjual Segala Jenis Motor Baru Di Indonesia Cash Maupun Kredit

%d blogger menyukai ini: