Lee Kang Hyun, Bos Samsung Indonesia yang Dipanggil ‘Pak Haji


Udah banyak orang asing yang hilir mudik dan keluar masuk Indonesia buat liburan, tugas kerjaan, sampe urusan bisnis gede-gedean. Ngga sedikit dari mereka yang malahan ngga mau pulang dan akhirnya mutusin buat menetap disini. Alesan mereka macem-macem, ada yang bilang kalo iklim disini yang anget atau orang-orangnya ramah. Ada juga yang bilang kalo harga disini tuh apa-apa murah (katanya lho… buat bule iya murah, buat kita mah, perih).

Salah satunya bos Samsung Indonesia, Lee Kang Hyun yang aslinya tuh orang Korea Selatan. Udah 15 tahun doi menetap disini yang ngebikin doi fasih banget ngomong bahasa Indonesia-nya. Selain udah was-wes-wos ngobrol pake bahasa Indonesia, ngga taunya doi juga udah paham banget sama kebudayaan dan karakteristik masyarakat sini.

Om Lee juga ngaku kalo doi udah jatuh cinta banget sama Indonesia, doi bilang kalo di dalem dirinya tuh ada setengah Korea setengah Indonesia. Ini semua tuh berawal sebelom doi kerja di Samsung. Dulu, Om Lee punya sahabat pena yang ngga taunya orang Indonesia, akhirnya tahun 1989 doi mutusin buat dateng ke Indonesia buat ngunjungin sahabat penanya itu.

Sejak pertama kali dateng ke Indo, Om Lee langsung jatuh hati sama negara ini. Akhirnya doi bolak-balik berkunjung kemari dan saking niatnya sama kecintaannya, doi sampe ngambil pendidikan khusus selama sebulan di Indonesia. Ngga cuma itu doang, doi sampe punya mimpi buat kerja disini.

Mimpinya akhirnya diwujudin sama Samsung. Ngga butuh waktu lama dari diterima kerja disana, tahun 1993 doi langsung dikirim ke Indonesia buat kerja disini. Doi langsung ngisi jabatan penting disini, jobdesk-nya tuh buat ngejembatanin pihak Samsung sama karyawan dan pemerintah Indonesia.

Om Lee juga akhirnya mutusin buat jadi mualaf tahun 1994, soalnya doi ngerasa penasaran sama yang namanya Islam. Doi ngerasa kalo agama disini udah kayak bagian hidup masyarakat, beda banget sama Korea yang masih banyak nganut sistem atheis alias ngga punya agama.

Kocaknya, doi sering dipanggil ‘Pak Haji’ sama temen-temennya, walopun sebenernya doi belom pernah naik Haji. Tapi doi emang pengen banget sih ngelakuin ibadah Rukun Islam kelima. Walopun gitu, doi udah dua kali ibadah Umroh dan menurut pengalamannya, doi ngalamin pengalaman spiritual yang ngga bisa dilupain.

Sampe sekarang, doi masih tinggal disini dan udah punya istri yang ngga taunya orang lokal juga. Doi sekarang punya tiga anak dari istrinya yang namanya Yuliani. Umur pernikahannya udah lumayan lama juga, doi udah nikah selama 19 tahun.

Waaaaah, keren yah Om Lee. Doi aja yang orang luar bisa sampe sebegitu cintanya sama Indonesia, kita juga harus makin cinta sama negara sendiri dong. Masa dikit-dikit buang sampah, ngeludah sembarangan dan komplenin Presiden doang sih kerjaannya? Malu dong sama Om Lee!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Zoemalang's community

ujung malang adalah Sebuah desa yang hilang terganti dengan ujung harapan

YoYo Games Blog Feed

Ujung malang adalah Sebuah desa yang hilang terganti dengan ujung harapan

Dealer Termurah

Menjual Segala Jenis Motor Baru Di Indonesia Cash Maupun Kredit

%d blogger menyukai ini: