Seperti Apa Dunia Ini Tanpa Uang?


Pra Pembahasan

Sebelum membahas lebih jauh, ane mau mengutarakan dulu esensi dari uang itu sendiri.

Pada zaman dahulu kala, saat uang belum ada, orang-orang sibuk memenuhi kebutuhannya dengan usaha sendiri. Ada yang menanam berbagai sayur mayur dan ada pula yang memilih berburu di hutan. Dari sini mulai ada perkembangan berupa sistem barter alias tukar menukar barang yang dianggap memiliki nilai tertentu. Petani yang menginginkan daging akan menukarkan sejumlah sayuran kepada peternak, begitupun sebaliknya.

Kemudian muncul koin-koin yang dipakai sebagai alat pembayaran yang terbuat dari emas dan sejenisnya. Hingga akhirnya kita mengenal mata uang yang berbeda-beda jenis dan nilainya. Namun pernahkah agan membayangkan apa jadinya jika di dunia ini tidak pernah ada inisiatif untuk menciptakan alat tukar menukar yang dikenal dengan uang?

Berikut ini beberapa kemungkinan yang terjadi jika di dunia ini tidak ada uang:

Petani dan Peternak

Jika di dunia ini tidak ada mata uang, orang-orang akan memilih dua profesi yang paling dibutuhkan oleh manusia, petani dan peternak.

Sebagaimana kita tahu, kebutuhan pokok manusia adalah makanan dan pakaian. Maka orang-orang akan berusaha menyuplai kebutuhan pokoknya itu tanpa harus bersusah payah mencarinya ke sana ke mari. Profesi ini bakal menjadi primadona karena jika mereka menginginkan sebuah barang, maka dengan mudah didapatkan dengan menukarkannya dengan berbagai hasil pertanian dan peternakannya.

Industri Tidak Berkembang?

Jika di dunia ini tidak ada uang, dapat dipastikan bahwa industri tidak akan berkembang pesat seperti saat ini.

Kita tahu bahwa berbagai industri berlomba-lomba untuk menghasilkan uang sebanyak mungkin. Jika tidak ada uang, daya saing dan kreativitas akan menurun drastis. Orang-orang tidak akan memikirkan gadget atau barang elektronik lainnya. Bisa agan bayangkan, jika tidak ada uang, barang apa yang harus ditukarkan untuk mendapatkan sebuah gadget? Dengan tanah atau emas?

Gaji Karyawan

Selain bingung dengan apa gadget harus ditukar, sang produsen juga bakalan kebingungan untuk menggaji karyawannya.

Jika perusahaan itu milik pemerintah, anggaplah upahnya berupa tanah. Jika setiap harinya karyawan menerima upah berupa tanah seluas 1m persegi, berapa luas tanah yang diperlukan untuk menggaji 100 orang karyawan sehari, sebulan, setahun, dst.

Jangan-jangan pemerintah bakal kehabiasan lahan untuk mengupah karyawannya. Ujung-ujungnya negara itu dimiliki perorangan.

Tidak Ada Ekspor-Impor

Jika tidak ada uang, hubungan internasional tidak akan sebaik sekarang.

Bisa agan bayangkan bahwa tiap negara akan berkutat pada urusan masing-masing. Mereka tidak akan melakukan kegiatan ekspor impor untuk hal-hal yang tidak begitu penting karena banyak sekali biaya yang dibutuhkan untuk mengirim dan mendatangkan barang ke dan dari luar negeri.

Pemerintah suatu negara harus menyediakan banyak barang yang akan digunakan untuk membayar ongkos pengiriman barang dari suatu negara ke negara lain.

Kesehatan

Jika tidak ada uang, kira-kira barang apa yang paling dibutuhkan oleh tenaga medis yang bertugas?

Kalau saat ini peserta BPJS saja didiskriminasi dalam hal pelayanan, maka orang-orang yang tidak memiliki barang yang diinginkan tabib atau dokter akan bernasib sama dengan kalangan miskin dan peserta BPJS di zaman sekarang.

Sumur

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Zoemalang's community

ujung malang adalah Sebuah desa yang hilang terganti dengan ujung harapan

YoYo Games Blog Feed

Ujung malang adalah Sebuah desa yang hilang terganti dengan ujung harapan

Dealer Termurah

Menjual Segala Jenis Motor Baru Di Indonesia Cash Maupun Kredit

%d blogger menyukai ini: