KARAKTER DASAR MANUSIA YANG HARUS DIUBAH, JIKA INGIN SELAMAT DI NEGERI AKHIRAT


Pada dasarnya manusia memiliki sifat saling berselisih, dan mereka cenderung berbuat kerusakan di muka bumi. Bahkan kalau mau dirunut manusia yang berada di muka bumi ini – kecuali Adam dan Hawa – adalah keturunan pembunuh bernama Kabil (QS – 5:27). Maka jangan terlalu tercengang jika dunia ini sejak dahulu kala isinya berbagai bertengkaran dan keributan antarmanusia. Hal-hal sepele yang mestinya bisa diselesaikan dengan baik pun, bisa menjadi masalah besar yang berkepanjangan. Dan Indonesia, sebagai negara yang konon memiliki penduduk Islam terbesar di dunia (versi KTP), masalah kekisruhan bisa jadi menempati urutan teratas.
Ayat-ayat di bawah ini menjelaskan dengan terangnya perihal karakter dasar manusia.

2:30. Ingatlah ketika Tuhanmu berfirman kepada para malaikat: “Sesungguhnya Aku hendak menjadikan seorang khalifah di muka bumi”. Mereka berkata: “Mengapa Engkau hendak menjadikan (khalifah) di bumi itu orang yang akan membuat kerusakan padanya dan menumpahkan darah, padahal kami senantiasa bertasbih dengan memuji Engkau dan menyucikan Engkau?” Tuhan berfirman: “Sesungguhnya Aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui”.

20:123. Allah berfirman: “Turunlah kamu berdua dari surga bersama-sama, sebagian kamu menjadi musuh bagi sebagian yang lain. Maka jika datang kepadamu petunjuk daripada-Ku, lalu barang siapa yang mengikut petunjuk-Ku, ia tidak akan sesat dan tidak akan celaka.

Karena memiliki karakter yang cenderung tuntuk kepada hawa nafsu (duniawiyah), maka Tuhan memerintahkan kepada manusia agar ia senantiasa mengubah karakternya yang buruk itu menjadi baik; dengan berbuat amal saleh.

28:77. Dan carilah pada apa yang telah dianugerahkan Allah kepadamu (kebahagiaan) negeri akhirat, dan janganlah kamu melupakan bahagianmu dari (kenikmatan) duniawi dan berbuat baiklah (kepada orang lain) sebagaimana Allah telah berbuat baik kepadamu, dan janganlah kamu berbuat kerusakan di (muka) bumi. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berbuat kerusakan.

Melalui usahanya, ia akan memperoleh sifat sabar, pemaaf dan berkasih sayang.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Mari kita bersama meningkatkan kesadaran kita - Mulailah berpikir cerdas, Kita semua beragama !!! Agama bukan identitas...jadikanlah agama untuk keluar dari kebodohan

Tulisan di blog ini mungkin sangat ngawur tapi mungkin juga benar. Merdekakan pikiran anda, sentuh hati nurani anda. Yang ada tinggal KASUNYATAN SEJATI

Zoemalang's community at www. zoemalang.wordpress.com

ujung malang adalah Sebuah desa yang hilang terganti dengan ujung harapan

YoYo Games Blog Feed

Tulisan di blog ini mungkin sangat ngawur tapi mungkin juga benar. Merdekakan pikiran anda, sentuh hati nurani anda. Yang ada tinggal KASUNYATAN SEJATI

Dealer Termurah

Menjual Segala Jenis Motor Baru Di Indonesia Cash Maupun Kredit

%d blogger menyukai ini: