Sejarah Singkat Aliran Musik Beserta Tokohnya


PENJELASAN SINGKAT :
Pada Kesempatan Ini Saya ingin Berbagi Tugas Pelajaran Yang Sudah Saya Pelajari Sebelumnya, Materi Kali ini adalah tentang ” Aliran Musik dan Tokohnya “. Dan bagi yang ingin mengunduh dalam bentuk office word link tertera di akhir posting.
Langsung saja simak …
Semoga Bermanfaat ….

A. JAZZ
Adalah aliran musik yang berasal dari Amerika Serikat pada awal abad ke-20 dengan akar-akar dari musik Afrika dan Eropa.Musik jazz banyak menggunakan gitar, trombon, piano, terompet, dan saksofon. Salah satu elemen penting dalam jazz adalah sinkopasi.
Tradisi jazz berkembang dari gaya hidup masyarakat kulit hitam di Amerika yang tertindas. Awalnya, pengaruh dari tribal drums dan musik gospel, blues serta field hollers (teriakan peladang). Proses kelahirannya telah memperlihatkan bahwa musik jazz sangat berhubungan dengan pertahanan hidup dan ekspresi kehidupan manusia. Jazz dimulai di New Orleans dan berkembang ke Sungai Mississippi, Memphis, St. Louis, dan akhirnya Chicago.
Tokoh : 1. Louis Armstring ( 1901 – 1971 )

B. BLUES
Adalah sebuah aliran musikvokal dan instrumental yang berasal dari Amerika Serikat (AS). Nama blues lahir dari istilah blue yang dikonotasikan dengan perasaan frustatif dan melankolis. Musik bluesberangkat dari musik-musik spiritual dan pujian yang muncul dari komunitas mantan budak-budak Afrika di AS. Dan mulai berkembang pesat pada abad ke-19 M itu AS.
Para musisi blues sebelumnya sering memakai banjo, dan seiring denganPerkembangan teknologi dalam instrumen musik, musisi musisi blues mulai menggunakan gitar.
Tokoh : 1. W.C Handy ( 1873 )

C. ROCK
Adalah genre musik populer yang lahir di tahun 1950-an. Hal ini berakar pada 1940-an dan 1950-an rock and roll, rhythm and blues, musik country, musik folk, jazz dan musik klasik. Suara rock sering berkisar pada gitar listrik, diiringi oleh bagian ritme gitar bas listrik, drum, dan keyboard instrumen seperti Hammond organ, piano, atau, sejak 1970-an, synthesizer.
Pada akhir 1960-an dan awal 1970-an, musik rock dikembangkan subgenre yang berbeda. Ketika dicampur dengan musik folk menciptakan folk rock, dengan blues untuk menciptakan blues-rock dan jazz, untuk menciptakan fusi jazz-rock.
Tokoh : 1. Elvis Presley
D. POP
Sejarah musik pop bermula pada Perang Dunia I pada tahun 1918. Di Amerika Serikat, aliran musik ini mulai di gemari pada tahun 1920. Nama musik pop itu sendiri berasal dari kata populermaka tidak heran jika dari masa ke masa aliran musik ini selalu banyak peminatnya.
Antara tahun 1920 hingga 1940, Musik pop mulai menjadi salah satu musik yang di gemari di seluruh dunia dengan berbagai irama seperti Rhumba, Samba, Conga, Salsa, Mambo dan Berbagai jenis lainnya. Musik pop tidak pernah pudar dari masa ke masa karna musiknya yang easy listening. Selain itu, musiknya di tunjang oleh penggunaan berbagai inovasi teknologi dan tidak berbatas hanya pada satu aliran tertentu .
Tokoh : 1. Lawrence Alloway

E. Reggae
Adalah genre musik pertama yang dikembangkan di Jamaika pada akhir tahun 1960. Reggae didasarkan pada gaya ritmis yang ditandai dengan aksen pada off-beat, yang dikenal sebagai skank. Reggae biasanya lebih lambat dari ska tetapi lebih cepat dari rocksteady.
Tokoh : 1. Bob Marley

F. SKA
Adalah genre musik yang berasal dari Jamaika di akhir 1950-an, dan merupakan perintis rocksteady dan reggae. Elemen yang membentuk Ska adalah gabungan musik Karibia mento dan kalipso dengan jazz Amerika dan ritme dan blues. Pada awal 1960-an, ska adalah genre musik Jamaika yang dominan dan sangat populer di Inggris mods. Kemudian menjadi populer dengan banyak skinhead. Sejarawan biasanya membagi sejarah ska menjadi tiga periode: The Original Jamaika dari tahun 1960-an (Gelombang Pertama), the English 2 tone ska revival akhir tahun 1970-an (Gelombang Kedua) dan gerakan gelombang ketiga ska, yang dimulai pada tahun 1980 (Gelombang Ketiga) dan bangkit untuk popularitas di Amerika Serikat pada 1990-an.
Tokoh :1. Cecil Bustamente Cambell

G. Hip-Hop

Adalah genre musik yang dikembangkan sebagai bagian dari budaya hip hop, dan didefinisikan oleh elemen-elemen kunci seperti gaya rap, DJing, sampling, scratching dan beatboxing. Hip hop berawal dari South Bronx New York City di tahun 1970-an. Istilah rap sering disamakan dengan hip hop, tapi hip hop menunjukkan praktek-praktek dari seluruh subkultur.
Tokoh : 1. Afro-Amerika, Grandmaster Flash dan The Furious Five.

H. R n B
Adalah genre musik Amerika populer Afrika yang berasal dari tahun 1940-an. Nama RnB itu sendiri singkatan dari rhythm and blues . Istilah ini awalnya digunakan oleh perusahaan rekaman untuk menggambarkan rekaman dipasarkan terutama untuk warga Amerika Afrika perkotaan, pada saat “budi bahasa(urbane) , rocking, musik berbasis jazz”menjadi lebih populer.
Istilah ini kemudian mengalami sejumlah pergeseran dalam makna. Pada awal 1950-an dan seterusnya, irama panjang dan blues sering digunakan untuk catatan blues dimulai pada 1950-an. Karena kontribusinya bagi perkembangan rock and roll, istilah “R & B” menjadi digunakan untuk merujuk untuk gaya musik yang dikembangkan dari blues, electropop, serta gospel dan musik soul. Pada tahun 1970-an, rhythm and blues digunakan sebagai istilah selimut untuk soul n funk. Pada 1980-an, gaya baru R & B dikembangkan, menjadi dikenal sebagai R n B kontemporer
Tokoh : 1. Rihanna

I. Dangdut
Adalah genre musik populer Indonesia yang sebagian iramanya berasal dari Malaysia, Arab dan musik Hindustan. Musik ini dikembangkan pada 1970-an di kalangan kelas pekerja muda muslim, tapi dimulai pada akhir 1990-an mencakup daerah yang lebih luas di Indonesia, Malaysia dan Filipina selatan.
Tokoh : Pra-1970-an di Indonesia 1. Husein Bawafie

J. Country Honky Tonk
Sejarah musik country pun melahirkan Jenis musik country yang lainnya adalah honky tonk dan jenis musik ini berasal dari texas. Lagu-lagu honky tonk erat hubungannya dengan bar dan rumah minum, musisi-musisi yang membawakannya ada Ernest Tubb, Ted Dafdin, Floyd Tillman, Maddox Brothers and Rose dan Hank Williams dan kemudian mereka disebut sebagai musisi contry tradisional. Al Dexter dari Texas timur sukses mengeluarkan lagu “Honky Tonk Blues”.
Tokoh : 1. Al Dexter

K. Kontemporer
Adalah istilah dalam bahasa Indonesia untuk bidang kegiatan kreatif yang dalam konteks berbahasa Inggris paling sering disebut musik baru, musik kontemporer atau lebih tepatnya, musik seni kontemporer. Ini menjadi istilah yang paling digemari di tahun1990-an. Tetapi kesepakatan dalam penggunaan istilah ini membangkitkan pertanyaan tentang apa yang termasuk dan apa yang tidak termasuk dalam musik kontemporer. Ini menjadi sebuah inti dari perdebatan hangat dikalangan musisi dan pemikir yang biasanya mempunyai persepsi yang berbeda.
Tokoh : 1. Harry Roeslik,

Sumber :
https://arif9bhe08.wordpress.com/my-data/sejarah-musik-jazz/
https://cecepprabudi.wordpress.com/sejarah-dan-perkembangan-musik-blues/

http://g311080023.blogspot.co.id/2010/05/punk-rock.html
http://tempatmusikbima.blogspot.co.id/2012/12/nama-nama-band-indonesia-semua-genre.html
http://knowledgeinmylife.blogspot.co.id/2013/11/sejarah-musik-pop-di-dunia.html

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Zoemalang's community

ujung malang adalah Sebuah desa yang hilang terganti dengan ujung harapan

YoYo Games Blog Feed

Ujung malang adalah Sebuah desa yang hilang terganti dengan ujung harapan

Dealer Termurah

Menjual Segala Jenis Motor Baru Di Indonesia Cash Maupun Kredit

%d blogger menyukai ini: